Upaya Pelestarian Pencak Silat Sitembak Melalui Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48992Kata Kunci:
Etnografi, Pendidikan Karakter, Pencak SilatAbstrak
Pencak silat Sitembak telah diwariskan oleh nenek moyang sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan, dibina, dan dikembangkan. Namun pencak silat sitembak belum tereksos keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan pencak silat Sitembak di Desa Bubunan, melalui etnografi dan nilai-nilai pendidikan karakter sehingga perguruan ini dapat berkembang dan lebih dikenal banyak masyarakat. Perguruan pencak silat Sitembak merupakan perguruan tertua sekaligus cikal bakal berdirinya beberapa perguruan yang terdapat di Buleleng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan etnografi. Subjek pada penelitian ini adalah informan dari pesilat, pelatih, dewan guru, dan dewan wasit dari Perguruan Pencak Silat Sitembak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan ini adalah dilakukan dengan mengumpulkan data dilapangan atau observasi partisipan (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis wacana dengan berfokus pada konteks sosial. Hasil penelitian yaitu implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada perguruan pencak silat sitembak yaitu nilai religus, kejujuran, toleransi, disiplin, bekerja keras, mandiri dan kreatif, nilai demokratis, semangat, cinta tanah air, menghargai, prestasi, peduli lingkungan dan peduli social, dan bertanggung jawab. Penerapan studi etnografi yang menggali sejarah dan profil pada perguruan pencak silat Sitembak ini maka upaya pelestarian dan pengembangan perguruan pencak silat Sitembak kepada masyarakat luas dapat tercapai.
Referensi
Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560. DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560
Adesita, D., Rofian, R., & Rahmawati, I. (2019). Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Arsi, M. W. K. A. A. (2015). Pembentukan Karakter Di Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih. Forum Ilmu Sosial, 42(2). https://doi.org/10.15294/fis.v42i2.9338.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Chan, F., Pamela, I. S., Shinta, S. L., Yoana, A., Mardayani, D., & Sari, R. K. (2019). Penerapan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas II di Sekolah Dasar. Jurnal Efektor, 6(2). https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13749.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research. University of Nebraska.
Dabamona, S. A., Nur, I. S. M., Roem, A. M., & Akbar, M. A. (2021). Memahami Etnografi Papua Melalui Strategi Pembelajaran Tur Studi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2386. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2386
Dahlan, M. H. (2011). Pencak Silat Panglipur Tinjauan Sejarah Budaya. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 3(2), 260. https://doi.org/10.30959/patanjala.v3i2.278. DOI: https://doi.org/10.30959/patanjala.v3i2.278
Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 152. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397
Dimyati, Irianto, D. P., & Lumintuarso, R. (2020). Exploring the psychological skills of Indonesian Pencak Silat Athletes at the 18th Asian games. Ido Movement for Culture, 20(2), 10–16. https://doi.org/10.14589/ido.20.2.2.
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011
Halbatullah, K., Astra, I. . B., & Suwiwa, I. . (2019). Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Tingkat Lanjut Dalam Pembelajaran Pencak Silat. Jurnal IKA, 17(2), 136. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19847. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19847
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Hardiansyah, F., & Odi, M. (2020). Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49
Hariyanti, W., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengembangan model latihan Fleksibilitas Tingkat Pemula dalam pembelajaran Pencak Silat. Jurnal Penjakora, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17713. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17713
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan model penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal pendidikan usia dini, 12(2). https://doi.org/10.21009/jpud.122.17. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.17
Juanda, J. (2019). Pendidikan karakter anak usia dini melalui sastra klasik fabel versi daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kurniawan, S. (2018). Globalisasi, Pendidikan Karakter, dan Kearifan Lokal yang Hybrid Islam pada Orang Melayu Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian, 12(2). https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4899. DOI: https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4899
Listiawati, N. (2018). The implementation of the strengthening character education in sdn 09 mataram city, nusa tenggara barat. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21668. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21668
Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas Vii Mts Nu Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67
Marlianto, F., Yarmani, Sutisyana, A., & Defliyanto. (2018). Analisis Tendangan Sabit Pada Perguruan Pencak Silat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 179–185. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8740. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8740
Mufarriq, M. U. (2021). Membentuk Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat. Khazanah Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193. DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193
Muhamad, M., Haqiyah, A., & Riyadi, D. N. (2019). Positive Self-Talk on Pencak Silat Performances. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(3), 152–156. https://doi.org/10.15294/active.v8i3.34538.
Muhtar, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Karakter. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(3). https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122
Nuraida, N. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Pencak Silat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Paguron Pencak Silat Galura Panglipur Bandung). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1). https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p59-77.309.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Risdiany, H., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Film Kartun Upin Dan Ipin Terhadap Perkembangan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1366–1372. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.577. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.577
Rosalina, M. (2018). Profil Atlet Pencak Silat Pra Porda Dilihat dari Aspek Psikologi dan Fisiologi. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 174–180. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.44. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.44
Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382.
Sigit, D. V., Heryanti, E., Pangestika, D. A. W., & Ichsan, I. Z. (2019). Pembelajaran Lingkungan bagi Siswa : Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11838. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11838
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sin, T. H., & Ihsan, N. (2020). The effectiveness of Pencak Silat to change teenage personalities. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.29210/139800. DOI: https://doi.org/10.29210/139800
Sudarsi, E. T., Taula’bi’, N., & Girik Allo, M. D. (2019). Filosofi Tallu Lolona Dalam Himne Passomba Tedong (Etnografi Kearifan Lokal Toraja). SAWERIGADING, 25(2), 61. https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.666. DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.666
Sudirman, R., Asmawi, M., Hanif, A., Dlis, F., & Saputra, S. (2019). The Effect of Training Methods and Leg Muscle Power Explosion Toward Kicking Skills in Pencak Silat. Journal of Education, Health and Sport, 9(8), 550–562. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382159.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suhaida, D., & Idham, A. (2018). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1). https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.866. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.866
Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710
Tama, R. A., & Purwono, E. P. (2017). Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Pencak Silat SMP Negeri di Kabupaten Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13256.
Untari, M. F. A., & Purnomo, F. U. (2016). Kajian Nilai Moral Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Edisi “Ikhlas Dari Hati” Produksi Les’ Copaque. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 9–18. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1113. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1113
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Wardhani, D. K., & Muryaningsih, S. (2019). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Model Pembelajaran Vct Gejala Kontinum Tema 8 Di Kelas V Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478
Widiyowati, E., Kriyantono, R., & Dwi Prasetyo, B. (2018). Model Manajemen Konflik Berbasis Kearifan Lokal: Konflik Perguruan Pencak Silat Di Madiun – Jawa Timur’. Komunikator, 10(1). https://doi.org/10.18196/jkm.101004. DOI: https://doi.org/10.18196/jkm.101004
Zain, M. S., & Gunawan, G. (2019). Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Pembelajaran Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 90–100. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1429. DOI: https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1429
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Anatsa Barlinty, I Wayan Artanayasa, I Gede Suwiwa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)