Upaya Pelestarian Pencak Silat Sitembak Melalui Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Penulis

  • Anatsa Barlinty Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48992

Kata Kunci:

Etnografi, Pendidikan Karakter, Pencak Silat

Abstrak

Pencak silat Sitembak telah diwariskan oleh nenek moyang sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan, dibina, dan dikembangkan. Namun pencak silat sitembak belum tereksos keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan pencak silat Sitembak di Desa Bubunan, melalui etnografi dan nilai-nilai pendidikan karakter sehingga perguruan ini dapat berkembang dan lebih dikenal banyak masyarakat. Perguruan pencak silat Sitembak merupakan perguruan tertua sekaligus cikal bakal berdirinya beberapa perguruan yang terdapat di Buleleng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan etnografi. Subjek pada penelitian ini adalah informan dari pesilat, pelatih, dewan guru, dan dewan wasit dari Perguruan Pencak Silat Sitembak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan ini adalah dilakukan dengan mengumpulkan data dilapangan atau observasi partisipan (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis wacana dengan berfokus pada konteks sosial. Hasil penelitian yaitu implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada perguruan pencak silat sitembak yaitu nilai religus, kejujuran, toleransi, disiplin, bekerja keras, mandiri dan kreatif, nilai demokratis, semangat, cinta tanah air, menghargai, prestasi, peduli lingkungan dan peduli social, dan bertanggung jawab. Penerapan studi etnografi yang menggali sejarah dan profil pada perguruan pencak silat Sitembak ini maka upaya pelestarian dan pengembangan perguruan pencak silat Sitembak kepada masyarakat luas dapat tercapai.

Biografi Penulis

I Wayan Artanayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

I Wayan Artanayasa, lahir di Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Tanggal 26 September 1973, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami istri I Nyoman Peraya (almarhum) dan Ni Wayan Belandut. Setelah menamatkan Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri 1 Manikliyu, tahun 1986, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP TP 45 Manikliyu lulus Tahun 1998. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 1 Kintamani lulus tahun 1992. Pada tahun 1992 melanjutkan pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana pada Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi memperoleh gelar S.Pd. pada tahun 1997 setelah berdiri sendiri menjadi STKIP Negeri Singaraja. Pada tahun 2005, melajutkan studi ke Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) dan memperoleh gelar M.Pd. pada tahun 2007. Mulai tahun 2012 melanjutkan studi ke Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) dan memperoleh gelar Dr. tahun 2016. 

Referensi

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560. DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560

Adesita, D., Rofian, R., & Rahmawati, I. (2019). Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Arsi, M. W. K. A. A. (2015). Pembentukan Karakter Di Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih. Forum Ilmu Sosial, 42(2). https://doi.org/10.15294/fis.v42i2.9338.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Chan, F., Pamela, I. S., Shinta, S. L., Yoana, A., Mardayani, D., & Sari, R. K. (2019). Penerapan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas II di Sekolah Dasar. Jurnal Efektor, 6(2). https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13749.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research. University of Nebraska.

Dabamona, S. A., Nur, I. S. M., Roem, A. M., & Akbar, M. A. (2021). Memahami Etnografi Papua Melalui Strategi Pembelajaran Tur Studi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2386. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2386

Dahlan, M. H. (2011). Pencak Silat Panglipur Tinjauan Sejarah Budaya. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 3(2), 260. https://doi.org/10.30959/patanjala.v3i2.278. DOI: https://doi.org/10.30959/patanjala.v3i2.278

Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 152. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397

Dimyati, Irianto, D. P., & Lumintuarso, R. (2020). Exploring the psychological skills of Indonesian Pencak Silat Athletes at the 18th Asian games. Ido Movement for Culture, 20(2), 10–16. https://doi.org/10.14589/ido.20.2.2.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011

Halbatullah, K., Astra, I. . B., & Suwiwa, I. . (2019). Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Tingkat Lanjut Dalam Pembelajaran Pencak Silat. Jurnal IKA, 17(2), 136. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19847. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19847

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095

Hardiansyah, F., & Odi, M. (2020). Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49

Hariyanti, W., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengembangan model latihan Fleksibilitas Tingkat Pemula dalam pembelajaran Pencak Silat. Jurnal Penjakora, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17713. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17713

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan model penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal pendidikan usia dini, 12(2). https://doi.org/10.21009/jpud.122.17. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.17

Juanda, J. (2019). Pendidikan karakter anak usia dini melalui sastra klasik fabel versi daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kurniawan, S. (2018). Globalisasi, Pendidikan Karakter, dan Kearifan Lokal yang Hybrid Islam pada Orang Melayu Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian, 12(2). https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4899. DOI: https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4899

Listiawati, N. (2018). The implementation of the strengthening character education in sdn 09 mataram city, nusa tenggara barat. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21668. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21668

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas Vii Mts Nu Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Marlianto, F., Yarmani, Sutisyana, A., & Defliyanto. (2018). Analisis Tendangan Sabit Pada Perguruan Pencak Silat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 179–185. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8740. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8740

Mufarriq, M. U. (2021). Membentuk Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat. Khazanah Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193. DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193

Muhamad, M., Haqiyah, A., & Riyadi, D. N. (2019). Positive Self-Talk on Pencak Silat Performances. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(3), 152–156. https://doi.org/10.15294/active.v8i3.34538.

Muhtar, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Karakter. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124

Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(3). https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122

Nuraida, N. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Pencak Silat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Paguron Pencak Silat Galura Panglipur Bandung). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1). https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p59-77.309.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Risdiany, H., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Film Kartun Upin Dan Ipin Terhadap Perkembangan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1366–1372. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.577. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.577

Rosalina, M. (2018). Profil Atlet Pencak Silat Pra Porda Dilihat dari Aspek Psikologi dan Fisiologi. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 174–180. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.44. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.44

Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382.

Sigit, D. V., Heryanti, E., Pangestika, D. A. W., & Ichsan, I. Z. (2019). Pembelajaran Lingkungan bagi Siswa : Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11838. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11838

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sin, T. H., & Ihsan, N. (2020). The effectiveness of Pencak Silat to change teenage personalities. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.29210/139800. DOI: https://doi.org/10.29210/139800

Sudarsi, E. T., Taula’bi’, N., & Girik Allo, M. D. (2019). Filosofi Tallu Lolona Dalam Himne Passomba Tedong (Etnografi Kearifan Lokal Toraja). SAWERIGADING, 25(2), 61. https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.666. DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.666

Sudirman, R., Asmawi, M., Hanif, A., Dlis, F., & Saputra, S. (2019). The Effect of Training Methods and Leg Muscle Power Explosion Toward Kicking Skills in Pencak Silat. Journal of Education, Health and Sport, 9(8), 550–562. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382159.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suhaida, D., & Idham, A. (2018). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1). https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.866. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.866

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7(2). https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710. DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710

Tama, R. A., & Purwono, E. P. (2017). Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Pencak Silat SMP Negeri di Kabupaten Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13256.

Untari, M. F. A., & Purnomo, F. U. (2016). Kajian Nilai Moral Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Edisi “Ikhlas Dari Hati” Produksi Les’ Copaque. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 9–18. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1113. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1113

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Wardhani, D. K., & Muryaningsih, S. (2019). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Model Pembelajaran Vct Gejala Kontinum Tema 8 Di Kelas V Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478

Widiyowati, E., Kriyantono, R., & Dwi Prasetyo, B. (2018). Model Manajemen Konflik Berbasis Kearifan Lokal: Konflik Perguruan Pencak Silat Di Madiun – Jawa Timur’. Komunikator, 10(1). https://doi.org/10.18196/jkm.101004. DOI: https://doi.org/10.18196/jkm.101004

Zain, M. S., & Gunawan, G. (2019). Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Pembelajaran Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 90–100. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1429. DOI: https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1429

Diterbitkan

2022-07-06

Cara Mengutip

Barlinty, A., Artanayasa, I. W. ., & Suwiwa, I. G. (2022). Upaya Pelestarian Pencak Silat Sitembak Melalui Studi Etnografi Serta Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48992

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>