Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.55860Kata Kunci:
minat, ekstrakurikuler olahraga basket.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui minat peserta didikkelas XI untuk mengikuti ekstrakurikuler olahraga bola basket. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data langsung. Populasi dari penelitian ini menggunakan peserta didik kelas XI dengan jumlah total sebanyak 430 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan undian,sehingga jumlah sampel sebanyak 85 orang.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data diskritif dengan persentase dari jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor intrinsik minat peserta didikkelas XI tehadap ekstrakurikuler olahraga bola basket memperoleh skor 72% jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada faktor ekstrinsik minatmemperoleh skor 66% jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan kedua indikator pada variabel, minat peserta didikkelas XI pada ekstrakurikuler olahraga bola basket memperoleh skor 69%. Jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori tinggi, minat peserta didikkelas XI pada ekstrakurikuler olahraga bola basket termasuk dalam kategori tinggi. Adapun kesimpulan dari hasil analisis data minat peserta didik kelas XI dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket pada masa pandemi covid-19 berada katagori sangat tinggi.
Referensi
Abdul Gani, B. I., & Dimyati, A. (2021). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler SepakBola Di SMPN 1 Lemahabang Karawang. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 47 – 54. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293 DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293
Amaliyah, A., & Rahma, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926 DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Astuti, S. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar (Flash Card) Untuk Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Azizah, A. R., & Sudarto, E. P. (2021). Minat Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Siswa Smp Negeri 3 Satu Atap Karangsambung Kecamatan Karangsambung Tahun Ajaran 2019/2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.53863/mor.v1i01.132 DOI: https://doi.org/10.53863/mor.v1i01.132
Budiarta, R. (2018). Minat dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Ekstrakurikuler woodball di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Fajar, M. (2020). Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sma Patra Mandiri 1 Plaju. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 90–101. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740 DOI: https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740
Fraliantina, I. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 100. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.24 DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.24
Haryaka, U., H. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 737–774.
Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027 DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
Jatmiko, T. A., Supriyanto, A., & Nurabadi, A. (2020). Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p11 DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p11
Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939 DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pangestu, B., Lanang, I. G., Parwata, A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(November), 48–55. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937 DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937
Pratama, E. Y., & Sukarmin. (2021). Pengembangan Media Interaktif Hace (Hydrocarbon) Dalam Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Dengan Strategi Conceptual Change Text Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(1), 41. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22641 DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22641
Rahmayani, S., Ramadan, & Hadikusuma, Z. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891
Rivaldi, M. A., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2022). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri Se-Kota Sukabumi. Jurnal Educatio, 8(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963
Rohmatunisha, S., Wahyudi, U., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(2). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11266
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. MANAZHIM, 3(1), 110–126. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075 DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075
Rubiana, I. (2017). Pengaruh pembelajaran shooting (free throw) dengan alat bantu rentangan tali terhadap hasil shooting (free throw) dalam permainan bola basket. Jurnal Siliwangi, 3(2), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.337
Saputra, J., Syafria, & Sofino. (2018). Pengaruh Latihan Push –Up Dan Latihan Pull –Up terhadap Kemampuan Pukulan Lurus Olahraga Pencak Silat Pada Siswa Ekstrakurikuler smp Negeri 1kota Bengkulu. KINESTETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasman, 2(1), 104–110. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9194 DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9194
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Sasmito, S. (2021). Optimalisasi ekstrakurikuler: sebuah praktik baik. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650
Situmeang, A. P., Fahrudin, F., & Iqbal, R. (2021). Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri se Kecamatan Cikampek. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4042 DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4042
Sulaksana, P. P., Kanca., I. N., & Wijaya, M. A. (2020). Ketersediaan Guru Dan Sarana Prasarana Pjok Sma Dan Smk Se-Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 69–74. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33758 DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33758
Sularso, P. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181 DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181
Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v1i1.3920
Susanti, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu : Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2). Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/305
Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah, 4(1). https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393 DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2366
Wahid, S. M. al, & Prayoga, H. D. (2021). Survei Pengelolaan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah Dasar Negeri Kota Tarakan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4306 DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4306
Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Srategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(1), 234–242.
Wijaya, S. A., Susilo, D. K., & Sari, D. S. R. (2021). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Anak Keluarga Nelayan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.42309
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 anantakusuma kusuma, I Ketut Budaya Astra, I Gede Suwiwa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)