KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE SEQUENCED BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Emi Zulfa Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938

Keywords:

Hasil belajar, Puzzle, Sequenced

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa yang rendah dangaya mengajar guru yang konvensional. Guru seringkali tidak menggunakan media dan model pembelajaran dalam menyampaikan pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaranterpadu tipe Sequnced berbantu media Puzzle. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitiantrue experimental dengan jenis posttest only control design dan diberikan perlakuan berupa model pembelajaran terpadu tipe Sequenced berbantu media Puzzle untuk kelas eksperimen ,dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang.

 

References

Candra, Y. P. (2016). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Terhadap Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP N 3 Pariaman. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, Edisi: Vol. 8. Oktober 2016. Diakses 8 September 2018.

Depdikbud. 2003. Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Depdikbud.

Danang Sucahyo. 2012. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. Diakses 23 September 2018.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain . 2010. Strategi Belajar Pembelajaran. Jakarta: PT Renika Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosdakarya.

Khomsoh, R. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. PGSD FIP, Universitas Negeri Surabaya. Diakses 28 Desember 2018.

Muhsina, Werdiana, I.K. Pasaribu, M .2015. Pengaruh Pemberian Urutan Materi Sequenced terhadap Hasil Belajar Siswa .e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 2, April 2015. Diakses Desember 2018.

Mulyasa, E. 2016.Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-05-19

How to Cite

Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE SEQUENCED BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938

Issue

Section

Articles