KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE SEQUENCED BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938Keywords:
Hasil belajar, Puzzle, SequencedAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa yang rendah dangaya mengajar guru yang konvensional. Guru seringkali tidak menggunakan media dan model pembelajaran dalam menyampaikan pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaranterpadu tipe Sequnced berbantu media Puzzle. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitiantrue experimental dengan jenis posttest only control design dan diberikan perlakuan berupa model pembelajaran terpadu tipe Sequenced berbantu media Puzzle untuk kelas eksperimen ,dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang.
References
Candra, Y. P. (2016). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Terhadap Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP N 3 Pariaman. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, Edisi: Vol. 8. Oktober 2016. Diakses 8 September 2018.
Depdikbud. 2003. Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Depdikbud.
Danang Sucahyo. 2012. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. Diakses 23 September 2018.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain . 2010. Strategi Belajar Pembelajaran. Jakarta: PT Renika Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosdakarya.
Khomsoh, R. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. PGSD FIP, Universitas Negeri Surabaya. Diakses 28 Desember 2018.
Muhsina, Werdiana, I.K. Pasaribu, M .2015. Pengaruh Pemberian Urutan Materi Sequenced terhadap Hasil Belajar Siswa .e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 2, April 2015. Diakses Desember 2018.
Mulyasa, E. 2016.Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)