Program TV Bocah Petualang Tema Pegunungan Sebagai Pemantik Kreativitas Berkarya Anak

Authors

  • Puji Solifah Universitas PGRI Semarang
  • Singgih Adhi Prasetya Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27146

Keywords:

Televisi, Program TV Bocah Petualang, Kreativitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas yang dimiliki oleh siswa melalui Program TV Tema Gunung Bocah Petualang sebagai Perancang Kreativitas Anak SD N Peterongan Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian data yaitu tingginya tingkat program TV Bocah Petualang yang memengaruhi kreativitas siswa, selain mampu mengembangkan ide dan menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika mengalami kesulitan, siswa juga dapat mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui kepada teman atau orang tua.

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Promosi, 3(1), 61-72.

Deniarti, S. A. (2012). Hubungan Intensitas Menonton Televisi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa melalui Teknik Pencetakan dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7-14.

Dhin, Cut Nya. (2020, Maret). Pengawasan Orang Tua Terhadap Tontonan Televisi dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Anak. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 6.

Fahmi, F. (2017). Pengaruh Tayangan Televisi terhadap Perkembangan Perilaku Anak pada Murid Kelas IV SD Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Khasanah, Y. N., & Ichsan. (2019). Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1).

Ludvi, P., & Suharningsih. (2016). Pengaruh Program Televisi Trans7 "Si Bolang" sebagai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas III SDN I Kemantren Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03(04), 1440-1453.

Mariskhana, K. (2017). Pengaruh Televisi dan Gadget terhadap Prestasi Belajar Anak. Perspektif, 15(2), 129-135.

Monalisa, P., & Sukarni, W. (2019). Analisis Karakter "Kreativitas" Siswa Kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 134-140.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Muri, Y. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Nuryani, D. (2019). Efektifitas Media Smart Lan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksa, 7(2), 79-84.

Putri, D. K. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Langkah Pemecahan Masalah Polya pada Siswa Kelas IV SDN Sendangmulyo 01 Semarang. Universitas PGRI Semarang, Semarang.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sunarto. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran MUKIDI. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 108-113.

Utama, W. (2014). Pengaruh Aktivitas Menonton Televisi terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Tanjung Agung. Universitas Muhammadiyah Palembang, Palembang.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.

Wikipedia. (n.d.). Diakses pada November 1, 2019, from https://id.m.wikipedia.org/wiki/Si_Bolang

Downloads

Published

2020-07-25

How to Cite

Solifah, P., Prasetya, S. A., & Reffiane, F. (2020). Program TV Bocah Petualang Tema Pegunungan Sebagai Pemantik Kreativitas Berkarya Anak. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 472–478. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27146

Issue

Section

Articles