PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Ni Made Sri Laksmi .
  • Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11499

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan konsep bilangan pada anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelompok B di TK Gugus VI Singaraja. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah TK Gugus VI Singaraja dengan jumlah 385 orang. Sampel penelitian ini adalah TK Negeri Pembina Singaraja dengan jumlah 15 orang sebagai kelas eksperimen dan TK Aisyiyah Singaraja dengan jumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3,28 dan ttabel = 2,024 pada taraf signifikansi 5% dengan db = 38, dengan membandingkan hasil thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan konsep bilangan pada anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Gugus VI Singaraja.
Kata Kunci : Konsep bilangan, make a match, model pembelajaran.

The purpose of this research is to know the difference of the ability of the concept of the number of children that is taught by the model of make a match learning and which is taught by the conventional learning model in group B in Kindergarten Gugus VI Singaraja. This research is classified as quasi experiment with post-test only control group design. The population in this research is Kindergarten Gugus VI Singaraja with 385 people. The sample of this research is Kindergarten Negeri Pembina Singaraja with 15 people as experimental class and Kindergarten Aisyiyah Singaraja with 25 people as control class. The data collected were analyzed using descriptive statistical analysis method and t-test. The result of t-test is obtained tcount = 3.28 and ttable = 2.024 at the 5% significance level with db = 38, by comparing tcount results with ttable it can be concluded that tcount > ttable, then H0 is rejected and H1 accepted, so the results showed that there are differences in the ability of the concept of the number of children who were taught by the model of make a match and that was taught by the conventional learning model in group B in Kindergarten Gugus VI Class Singaraja.
keyword : The concept of numbers, make a match, conventional learning model.

Published

2017-12-27

How to Cite

., N. M. S. L., ., D. I. N. J., & ., D. P. A. A. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 273–284. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11499

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>