PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PAPAN PLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI TABANAN

Authors

  • I Ketut Juni Wismawan .
  • Drs. Nyoman Wirya .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan setelah menerapkan model Picture and Picture dengan media papan planel pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Tabanan, Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah 25 anak TK pada kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Data tentang Kemampuan Berbahasa dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan Kemampuan Berbahasa anak kelompok B dengan media papan planel pada siklus I sebesar 59,29% pada kategori rendah dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 84,50% berada pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan Kemampuan berbahasa dengan media papan planel sebesar 25,21%.
Kata Kunci : model Picture and Picture, kemampuan berbahasa lisan, media papan planel

This study aims to determine the increase in oral proficiency after applying the model Picture and Picture with the media on the planel board kindergarten children in group B Kemala Bhayangkari Tabanan, Semester II, Academic Year 2013/2014. This research is an action research conducted in two cycles. Subjects were 25 kindergarten children in group B II Semester Academic Year 2013/2014. Speak collected data on the ability of the method of observation. The data were then analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative analysis methods deskritiptif. The results of the data analysis showed that an increase in the child Language Skills medium group B with planel board on the first cycle of 59.29% in the low category and the second cycle increased to 84.50% in the high category. So an increase in the ability of media planel board by 25.21%
keyword : Picture and Picture models, oral language skills, media planel board

Published

2014-07-01

How to Cite

., I. K. J. W. ., ., D. N. W., & ., D. I. N. J. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PAPAN PLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI TABANAN . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3145

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>