PENERAPAN METODE MIND MAP BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B3

Authors

  • Ni Wayan Eka Purnaminingsih .
  • Drs. Nyoman Wirya .
  • Nice Maylani Asril, S.Psi.,M.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3255

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan setelah diterapan metode mind map berbantuan media gambar pada anak kelompok B3 semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 di PAUD Sarin Rare Mas Ubud. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengematan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan banyak anak 12 orang yaitu 5 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada siklus I sebesar 65.53% berada pada kriteria sedang dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 86.07% yang berada pada kriteria tinggi. Jadi, terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dengan menerapkan metode mind map berbantuan media gambar sebesar 20.54%.
Kata Kunci : metode mind map, media gambar, kemampuan kognitif

This descriptive research is used for improving the students kognitve achievement in introduce the simbol of number through the application of the min map methode with picture to the group B3 students in term II of Sarin Rare Mas Ubud. This kind of invetigation used this research was classroom action research implemented in two cycles. Each cycle consisted of palnning, action, observation and reflection. The subject of this research was the group B3 students in term II in academik year 2013/ 2014 with the total number of subjects was 12 students which consisted of 5 females and 7 males. The data gathered used in this research was observation methode. The data analyzed using analysis statistic descriptive methode and analysis quantitatif methode. The result of investigation showed that the imroving students kognitive achievement in introduce the simbol of number in cycle i was 65.53% on average level and the second improvement was showed in cycle II was 86.07% on high level. So the improving students kognitive achievement in application of mind map methode with picture was 20.54%.
keyword : mind map methode, picture, kognitive achievement

Published

2014-07-08

How to Cite

., N. W. E. P., ., D. N. W., & ., N. M. A. S. (2014). PENERAPAN METODE MIND MAP BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B3. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3255

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>