Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran

Authors

  • Ni Putu Gita Oktapiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril
  • I Dewa Gede Firstia Wirabrata

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Keywords:

Vocabulary skills, puppet media, video

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu masih banyak anak yang memiliki kemampuan bahasa yang rendah. Kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi anak dalam belajar, berdampak pada hasil belajar anak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media wayang melalui video pembelajaran pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli media pembelajaran dan 2 orang ahli materi pelajaran. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik kualitatif dan statistik kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji dari ahli isi mata pelajaran dan ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 1,00 sehingga berada pada kualifikasi sangat tinggi. Jadi media yang dikembangkan berupa media wayang melalui video pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Implikasi penelitian ini yaitu media wayang melalui video pembelajaran dapat memudahkan anak usia dini dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini.

Author Biographies

Ni Putu Gita Oktapiani, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Nice Maylani Asril

PG PAUD

I Dewa Gede Firstia Wirabrata

PG PAUD

References

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dewi, N. K., Tirtayani, L. A., & Kristiantari, R. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di Paud Gugus Anggrek, Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15090.

Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.

Marini, K. K. P. dan N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha : Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 4. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3239.

Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.

Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021). Understanding How the Motivational Dimension of Learning is Influenced by Clinical Teaching in Medical Education: A Prospective Cohort Study. Annals of Medicine and Surgery, 65(February), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366.

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Nababan, R. S. (2016). Esensi dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 14(1), 27–37. https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.

Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114.

Pramana, Tegeh, & Agung. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.

Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960.

Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1478. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082.

Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313.

Shoffa, S. (2017). Implementasi Lesson Study Berbasis Karakter Pada Mata Kuliah Statistika Dasar Dengan Menggunakan Media “Gabuz.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 45–65. https://doi.org/10.30651/didaktis.v14i1.50.

Stoica, A. M., & Roco, M. (2013). The Role of the Emotional Intelligence in Kindergarden Children’s Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78(1), 150–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.269.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Suprihatin, E. W., & Pratamawati, D. (2019). Conservation Strategy in Preserving The Local Image Existence of Wayang Topeng. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 19(2), 179–184. https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.24005.

Susiani, P. E., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2013). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Kelompok B TK Satya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1138.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995.

Widodo, H. (2016). otret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620.

Yildiz, S., & Yildiz, E. (2011). A study on pc - Video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 796–800. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145.

Yuliani, Antara, & Magta. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285–293. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)