Finger Painting dengan Olahan Kanji untuk Meningkatkan Kemampuan Melukis Anak Usia Dini

Authors

  • Ida Ayu Wulan Ari Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40591

Keywords:

media lem, finger painting, melukis

Abstract

Pembelajaran anak usia dini memiliki jangkauan media dan alat permainan yang beragram dan hendaknya mampu menberikan pengalaman belajar yang konret untuk anak. Kegiatan yang ada dirancang khusus dan terperinci agar anak mampu mendapatkan pengalaman langsung dalam belajar dalam lingkungannya. Kegiatan finger painting menjadi kegiatan ciri khas anak usia dini yang perlu dikembangkan dengan lebih lanjut. Kegiatan finger painting yang konvensional sering membuat anak bosan dan terkesan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media lem kanji dalam kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan melukis anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 2 ahli judges instrument. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Media lem kanji dinyatakan valid dari para ahli dengan rata-rata nilai CVR 1,00 dan CVI 1,00. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media lem kanji dalam kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan melukis anak mendapatkan hasil validitas sangat tinggi sehingga media lem kanji dalam kegiatan finger painting layak untuk diimplementasikan dalam pelajaran anak usia dini. Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi referensi kegiatan finger painting yang inovatif dan ramah lingkungan.

References

Armstrong, P. (2018). Teacher characteristics and student performance: An analysis using hierarchical linear modelling. South African Journal of Childhood Education, 5(2), 123–145. https://doi.org/10.4102/sajce.v5i2.385.

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Bipath, K., & Nkabinde, M. M. B. (2018). The motivational roles of heads of department in learners’ performance and quality of schooling in South Africa. South African Journal of Childhood Education, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.4102/sajce.v8i1.460.

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97.

Desai, Z., & Nomlomo, V. (2014). Reflections on the development of a pre-service language curriculum for the BEd (Foundation Phase). South African Journal of Childhood Education, 4(3), 15. https://doi.org/10.4102/sajce.v4i3.227.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87.

Handayani, K. S. W., Manuaba, I. . S., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di TK Ganesha. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 353–362. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/15237.

Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2017). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 73. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81.

Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Preoperational Development of Eearly Childhood with Insectarium Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 267. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.88.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Machmud, H., & Alim, N. (2018). Multicultural Learning Model of PAUD in Coastal Areas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.74.

Maghfuroh, L., & Chayaning Putri, K. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.144.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124.

Nshimbi, J. C., Serpell, R., & Westerholm, J. (2020). Using a phone-based learning tool as an instructional resource for initial literacy learning in rural African families. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.620.

Philpott, S. C., & Muthukrishna, N. (2019). The practice of partnerships: A case study of the disabled children’s action group, South Africa. South African Journal of Childhood Education, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/sajce.v9i1.729.

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Building Effective Communication Between Teachers and Early Children In PAUD Institutions. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 259. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.96.

Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 245. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124.

Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Reed, Y. (2019). Countering linguistic imperialism with stories in the languages of africa: The african storybook initiative as a model for enabling in and out of school literacies. South African Journal of Childhood Education, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.4102/sajce.v9i1.637.

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.

Rudolph, N., Millei, Z., & Alasuutari, M. (2019). Corrigendum: Data practices and inequality in south african early childhood development policy: Technocratic management versus social transformation (South African Journal of Childhood Education, (2019) 9(1), a756, 10.4102/sajce.v9i1.756). South African Journal of Childhood Education, 9(1), 7682. https://doi.org/10.4102/sajce.v9i1.834.

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93.

Suciati, D. A. K. G., Suami, N. K., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7791/5321.

Suryani, N. A., & Haryono, M. (2018). Improvement of the Logical Intelligence Through Media Kolak (Collage Numbers) Based on Local Wisdom on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90.

Trisnayanti, Y., & Pura, D. N. (2018). Colored plastic pulp as a collage medium in improving early childhood development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.89.

Van Heerden, J. (2016). Quality in South African early learning centres: Mothers’ and teachers’ views and understanding. South African Journal of Childhood Education, 6(1), 11. https://doi.org/10.4102/sajce.v6i1.423.

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Ari Purnami, I. A. W., & Asril, N. M. (2021). Finger Painting dengan Olahan Kanji untuk Meningkatkan Kemampuan Melukis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 431–438. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40591

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)