PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA POHON HITUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B1

Authors

  • Anak Agung Ayu Ratih Margitawati .
  • Dr. Ketut Pudjawan,M.Pd .
  • Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6016

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh anak di TK Pertiwi Bangli, yaitu perkembangan kognitif anak masih rendah, guru lebih cenderung mendominasi saat melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan menerapkan metode pemberian tugas berbantuan media pohon hitung pada anak kelompok BI Semester II di TK Pertiwi Bangli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak TK Kelompok BI Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 anak. Data penelitian tentang peningkatan perkembangan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif anak dengan melalui metode pemberian tugas berbantuan media pohon hitung pada siklus I sebesar 60,50% yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,25% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan hasil kegiatan belajar dalam perkembangankognitif pada anak sebesar 24,75 %.
Kata Kunci : Kognitif, Pohon Hitung, Pemberian Tugas

The problem which was faced by the children of kindergarten Pertiwi Bangli was the cognitive development of children in which it was low. The teachers were more likely to dominate the class when the learning activities. As the result, this study aimed to improve children's cognitive development by applying the method of granting duty that supported by tree count media for the children of B1 group in second semester of kindergarten Pertiwi Bangli. This study consistently conducted research design by using Classroom Action Research in two-planned cycles. The subjects of the study were B1 group of 25 children in kindergarten Pertiwi Bangli in academic year 2014/2015. The research data were collected by using observation method in the form of sheet format. The data were analyzed by using descriptive statistical analysis of quantitative methods. The data analysis showed that the cognitive development of children through the provision of duty-aided method that supported by tree count media in cycle 1 was 60.50% which was at the low category and it had increased in cycle 11 in order the data was 82.25% that was classified in the high category. These findings clearly discovered that the result of learning activities in the cognitive development of children was 24.75%.
keyword : Cognitive, Tree count media, duty-aided method

Published

2015-10-11

How to Cite

., A. A. A. R. M., ., D. K. P., & ., D. P. A. S. (2015). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA POHON HITUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6016

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>