KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM

Authors

  • Dyah Dwi Sulistyoningsih PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati Saptaningrum PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19505

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa yang berakibat tidak tercapainya nilai KKM. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia kelas IV SD N Sidomulyo 04 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Hasil presentase ketuntasan belajar 28,57 % naik menjadi 89,28%.

References

Ana Hoirunnis. 2017. Penggunaan Model Teams Assisted Individualization (TAI)Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.5. No.2 (2017) 124-130

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Halih Moh. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL BUANA MATEMATIKA. Vol. 6, No. 2, Tahun 2016

Nur Megawati Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, Halaman 162 – 180 No. 1, Tahun 2012

Ratnaningsih Indriani. 2016. Pengaruh Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Jurugentong, Bantul. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Edisi Mei 2016

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang – Undang Republik Indonesia, No.20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

How to Cite

Sulistyoningsih, D. D., Saptaningrum, E., & Asri Untari, M. F. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 311–318. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19505

Issue

Section

Articles