PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA RODA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN

Maya Erfiyana, Rasiman Rasiman, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan media roda pecahan terhadap hasil belajar materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kusuma Bhakti Semarang melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan media roda pecahan. Sebelumnya hasil belajar siswa masih rendah  dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan dilanjut dengan mengerjakan soal pada buku sehingga siswa merasa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Kusuma Bhakti Semarang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B SD Kusuma Bhakti Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah keseluruhan 70 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara rondom (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi berlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.

Kata kunci: Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2010. “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadhilah, Azza Riza. 2018. “Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD N Kopek Godong Grobogan”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2011. StrategiBelajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isrok’atun, dan Amelia Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Johnson, Trevor dan Huge Neill. 2010. Swadidik MATEMATIKA. Bandung: McGraw Hill.

Murdiyani, Sari. 2016. “Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Jenis-Jenis Tanah Siswa Kelas V SD N 01 Bakaran Wetan Juwana”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.

Rusman. 2012a. Belajar dam Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2012b. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Sudimahayasa, Nyoman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19153

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19153.g11314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.