Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27273Keywords:
Contextual Teaching and LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning perbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini tergolong jenis kuantitatif memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 244 orang dari 7 kelas. Menggunakan Teknik acak atau random sampling dalam penarikan sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak kelas IV SD Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 33 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data thitung = 7,542 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning perbantuan media konkret dengan siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran Konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning perbantuan media konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
References
Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Ejournal : Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Jurnal Educative, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630
Ayuningtias, N. M. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 72–81. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.726
Bahri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 45–59.
Carlucy, N. P. R., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416
Erlisnawati, Munjiatun, & Hamdayani, F. (2015). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v2i2.2806
Fatimah. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 85–96.
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156.
Hajerina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 18 Sigi pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.270
Hakim, S., Wahyudi, W., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Attohiriyah Bodak. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v6i1.929
I. A. G. Sri Udayanti, & Riastini, P. N. (2017). Penerapan Metode Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118
Irwanto, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Irwanto1,. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan Belajar Matematika, 2(1), 102–112. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/174
Marbun, L. P. S. (2018). Pengaruh Model Ctl Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Tri Sakti Lubuk Pakam T.A 2016/2017. 5(1), 68–74. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v4i2.344
Nazifah. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I Sdn 07 Sungai Soga Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.
Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021
Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indeks.
Santoso, E. (2017). Penggunan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 ). Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 16–29.
Siti, W., & Wardani, K. W. (2017). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jartika, 1(5), 99–108. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/113
Sri, E. R., & Febriaty, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Umsu). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.998
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16319
Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561
Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305
Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar Pgsd, 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)