Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik

Authors

  • Ilham Raharjo Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar matematika pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III, pemilihan subjek berdasarkan perserta didik kelas III yang terindentifikasi mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika menurut hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Analisis data bersifat kualitatif dan hasil dari penelitian lebih terfokuskan kepada makna dari pada generalisasi. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu, data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Data yang sudah dikelompokkan selanjutnya disajikan ke dalam bentuk naratif untuk memudahkan mengetahui informasi yang terjadi dilapangan dan untuk menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami peserta didik adalah belum adanya metode berhitung pembagian yang mudah dipahami dan mudah diingat oleh peserta didik, peserta didik selama ini selama ini masing menggunakan cara-cara manual tanpa ada inovasi baru yang diajarkan oleh guru. Sebagian peserta didik masih kesulitan dalam menghitung pembagian dengan bilangan besar. Faktor yang berpengaruh terhadap kesulitan peserta didik dalam memahami perhitungan pembagian adalah kemampuan peserta didik dalam berhitung rendah, peserta didik sebagian besar tidak menyukai pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik adalah berasal dari faktor internal dan faktor eksternal siswa.

References

Ajiegoena, A. M. (2014). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pemecahan masalah (sebuah penelitian tindakan). Tarbiya Journal of Education in Muslim Society, 1(6). https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007.

Awaludin, A. A. R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2872.

Darijani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). ANALISIS KESULITAN-KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD PILOTING SE-KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5070.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.

Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19466/11529.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991.

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892.

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Putra, N. P. S. W., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Se-Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5817.

Sudarma, I. K. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII DI SLN NEGERI SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 89–98.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5069.

Yuliardi, R. (2017). ANALISIS TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF Ricki. Jumlahku Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1). http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/351.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.