Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi

Authors

  • Ila Mursi Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Ristiono Ristiono Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34172

Keywords:

Extrinsic Motivation, Cognitive Competence, Online Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kompetensi kognitif siswa dalam pembelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa, dengan angket ini penulis memperoleh data tentang motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi selama pembelajaran online. Setelah data diperoleh penulis menggunakan rumus kriteria nilai dan uji normalitas serta melakukan pengujian hipotesis menggunakan product moment dan menggunakan rumus koefisien determinasi untuk mengetahui kontribusi variabel X dan Y. Subjek penelitian adalah 48 siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata uji hipotesis didapatkan hasil nilai t_hitung   yaitu 2,668 dan t_tabel  yaitu 2,074, hubungan  antara motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi 0,65, kontribusi motivasi belajar ekstrinsik terhadap kompetensi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi adalah 12,13% dan 87,87% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif Biologi.

References

Budi, B. S., Hendrawijaya, A. T., & Imsiyah, N. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Partisipasi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. JUKASI Jurnal Edukasi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3408.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran im3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2127.

Isnaeni, W., & Kumaidi, K. (2015). Evaluasi Implementasi PKP Dalam Pembelajaran Biologi Di Sman Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Mixed-Method. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 109–121. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4561.

Kasdiyanti, A., Alpusari, M., Mulyani, E. A., & Hermita, N. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI EKSTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 782–790. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6318.

Maimuna, L. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Mutu Hasil Belajar Di Amik Bina Sriwijaya Palembang. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 62–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v7i1.1477.

Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8.

Noviar, D. (2016). Pengembangan ensiklopedi Biologi mobile berbasis android dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669.

Pratiwi, N. L. P. P., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 8(2), 114–121. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2932.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Sahiu, S., & Wijaya, H. (2017). HubunganMotivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 231–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v15i2.262.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254.

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.

Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan game petualangan “si bolang” sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365.

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079.

Utari, R. (2016). Kontribusi motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa kelas 1 teknik audio video terhadap hasil belajar pada mata diklat pkdle di smk n 1 padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.

Wong, G. L. H., Wong, V. W. S., Thompson, A., Jia, J., Hou, J., Lesmana, C. R. A., Susilo, A., Tanaka, Y., Chan, W. K., Gane, E., Ong-Go, A. K., Lim, S. G., Ahn, S. H., Yu, M. L., Piratvisuth, T., & Chan, H. L. Y. (2020). Management of patients with liver derangement during the COVID-19 pandemic: an Asia-Pacific position statement. The Lancet Gastroenterology and Hepatology, 5(8), 776–787. https://doi.org/10.1016/S2468-1253(20)30190-4.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Mursi, I., & Ristiono, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 125–130. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34172

Issue

Section

Articles