Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.34600Keywords:
Study Habits, Learning OutcomesAbstract
IPA merupakan salah stau mata pelajaran yang menuntut siswanya untuk memiliki kebiasaan belajar yang positif agar dapat memahami segala materi yang disajikan. Hanya saja pada pelaksanaanya dilapangan tidak semua siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga hasil belajar siswa tergolong rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 71 orang siswa kelas VIII, penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik satruration sampling yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancar, dan penyebaran angket. Instrument angket yang digunakan yakni berupa kuisioner kebiasaan belajar yang terdiri dari 42 butir pernyataan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi Spearman Rank. Selanjutnya untuk mengetahui mengetahui koefisien berarti atau tidak, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Sumbangan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Natural Sinces adalah (12,25%) dan (87,75%) ditentukan oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
References
Adriani, D. (2018). Pengaruh Percaya Diri, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 19. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p19-28. DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p19-28
Aulia, E. A. (2021). Analisis Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemuaian. Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1). https://doi.org/10.33506/jq.v10i1.1332.
Azis, H., & Sembiring, Y. S. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah, 4(2). https://doi.org/ 10.36764/jc.v4i2.384. DOI: https://doi.org/10.36764/jc.v4i2.384
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Dewi, L., & Darsinah. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak, 1(1), 41–46. https://ejournaljla.stkipmuhmanokwari.ac.id/index.php/jla/article/download/47/8.
Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Ix Ips Di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 103. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114. DOI: https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114
Indratno, I. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA di SMA N Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 215. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.217. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.217
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Kholifah, N., Supriyadi, S., & Suwarjo, S. (2021). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 74–87. https://doi.org/10.23960/jiip.v1i1.18021. DOI: https://doi.org/10.23960/jiip.v1i1.18021
Kurniasih, D. (2018). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA MELALUI MODEL Pembelajaran Think Pair Share. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 7. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2539. DOI: https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2539
Lase, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.88. DOI: https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.88
Lestari, budi. (2021). Implementation of HOTS-Based PBL Learning Model in Science Learning. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1446.
Patimbangi, A., & Hendi, F. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP YP PGRI 4 MAKASSAR. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(2), 615–625. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.118. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.118
Pidada, bagus indra putra, Rini, R., & Surahman, M. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Swasta Bandar Lampung. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(14). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13684/9890.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831
Retnowati, F., Abidin, Z., & Sumilah. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3). https://doi.org/10.15294/jlj.v6i3.15027.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 39. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760
Sastro, G. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Dan Kecerdasan Emosi Serta Perhatian Orang Tua Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 1(1), 133. https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1608. DOI: https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1608
Setiawan, A. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 9(1), 12–16. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136
Wijaya, S. A., Novi, R. A., & Saputri, S. D. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.17917. DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.17917
Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 3(7). https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v9i3.39212. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212
Wiryawan, I. W. A., Murda, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/ 10.23887/jipp.v3i2.18076.
Wulandari, R. (2017). Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuliyani, R., Alamsyah, N., & Awaludin, A. A. R. (2017). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Statistika Lanjut Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i1.687.
Yunarti, nely. (2021). Analisa Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio, 7(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)