Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Kurangnya penggunaan model pembelajarn yang inovatif dan kreatif. Berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Metode dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment tanpa adanya kelompok pembanding. Penelitian ini mengunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Persiapan Penelitian, Pelaksanaan Penelitian, Memberikan Pre-test dan post test, Mengumpulkan Data dan Analisis Data. Teknik analisis data menggunakan t-test dan data satistik yaitu Modus (Mo), Median (Md), Mean (Me). Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD dengan perbedaan rata-rata diperoleh nilai posttest = 77 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest = 33, sedangkan thitung = 14.42 > ttabel = 2.228. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Discovery Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
References
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil BelajarPeserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2). https://doi.org/10.34289/277895. DOI: https://doi.org/10.34289/277895
Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astesya, M., & Rahayu, W. T. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts(Two Stay Two Stray) Dengan Tps (Think Pair Share)Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Didaktika Dwija Indria, 6(2).
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Firosalia, K. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i1.1611. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532. DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065–1072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203
Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn MoDel Pembelajaran Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Oetpah, F. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru: Kontribusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Mangifera Edu, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu . v4i1.38. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.38
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Prameswari, A. M., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). “Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Team Assisted Individualization Berbantu Camtasia terhadap Prestasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 294–299. https://doi.org/10.26877/ imajiner.v1i6.4856. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4856
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Relia, A., & Sodikin. (2018). Pengaruh Pembelaran Guided Discovery Berbantu Laboratorium Virtual terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2766.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and Development, 6(1), 90–96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668.
Setiani, R., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cebongan 02 Salatiga. Jurnal Tematik, 9(1). https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12983.
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Simatupang, B. A. (2020). Students ’ Perception of t he Discovery learning Strategy in Learning Reading Comprehension at Widya Manggala Senior High School, 6(June), 158–172. DOI: https://doi.org/10.33541/jet.v6i2.1995
Sinabariba, R. B. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2017. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/15017.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Syukur, A., & Makleat, N. (2021). Model Pembelajaran Somatic - Auditory - Visualization - Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Di Paud Munatuan. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Din, 8(1), 4 7-58. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10099. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10099
Wabulla., Papilaya., & Rumahlatu. (2020). “Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(1), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657. DOI: https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword PuzzleDengan ModelDiscovery LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa PadaKonsep Gelombang Bunyi DiSMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 210–217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mardince Sasingan, Alice Yeni Verawati Wote
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)