Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA

Ni Putu Miasari, Made Sumantri, Ndara Tanggu Renda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian non equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD (5 kelas) yang berjumlah 107 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 46 diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes, bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bukan model pembelajaran discovery learning (thitung = 3,63 > ttabel = 1,679). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan lingkungan sekitar baik digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.


Keywords


Discovery Learning; Lingkungan Sekitar; IPA

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Asih, R. S., Hodidjah, & Muiz, D. A. (2017). Pengaruh Media Lingkungan Sekitar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 40–48. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7286

Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, Y., & Rahayu, T. (2018). Comparison of mathematical representation skill and science learning result in classes with problem-based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9512

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.

Indrawan, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67.

Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461

Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624

Putrayasa, I M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Putrayasa, I Made, Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087

Riantari, I. A. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv Sd Gugus Srikandi Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11512

Rochanah, R. (2018). Lingkungan Alam Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kekuasaan Allah Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al Mawaddah Kudus. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1).

Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1060–1064. https://doi.org/Rosdiana1, Didimus Tanah Boleng2, Susilo3

Suarni, N. K., Suadnyana, I. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Pedungan. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1460

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Assesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157.

Wulandar, S., Azis, M., & Hamzah, H. (2018). Pengaruh Media Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Murid Kelas V SD Inpres Karunrung. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2), 106. https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1074




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF file view : 149 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452.g16972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.