Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452Keywords:
Discovery Learning, Lingkungan Sekitar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian non equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD (5 kelas) yang berjumlah 107 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 46 diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes, bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bukan model pembelajaran discovery learning (thitung = 3,63 > ttabel = 1,679). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah model discovery learning berbantuan lingkungan sekitar baik digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Asih, R. S., Hodidjah, & Muiz, D. A. (2017). Pengaruh Media Lingkungan Sekitar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 40–48. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7286
Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, Y., & Rahayu, T. (2018). Comparison of mathematical representation skill and science learning result in classes with problem-based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9512
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.
Indrawan, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67.
Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624
Putrayasa, I M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Putrayasa, I Made, Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087
Riantari, I. A. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv Sd Gugus Srikandi Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11512
Rochanah, R. (2018). Lingkungan Alam Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kekuasaan Allah Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Al Mawaddah Kudus. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1).
Rosdiana, Boleng, D. T., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Efektivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1060–1064. https://doi.org/Rosdiana1, Didimus Tanah Boleng2, Susilo3
Suarni, N. K., Suadnyana, I. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Pedungan. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1460
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Assesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157.
Wulandar, S., Azis, M., & Hamzah, H. (2018). Pengaruh Media Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Murid Kelas V SD Inpres Karunrung. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2), 106. https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)