Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Authors

  • Dwi Aprilia Heni Putri Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang
  • Heffi Alberida Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34443

Keywords:

IPTEK, E-learning, Edmodo, Validitas

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, pada masa pandemi guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi pembelajaran, karena materi yang banyak dengan waktu yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang sudah teruji validitasnya pada materi sel kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan Biologi dan satu orang guru Biologi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen berupa angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada materi sel yang divalidasi oleh dosen dan guru dari segi kelayakan isi media diperoleh dengan nilai rata-rata 90 digolongkan ke dalam kriteria sangat valid. Diperoleh nilai rata-rata 90 dalam kategori sangat valid pada aspek kebahasaan. Ditinjau dari aspek kelayakan sajian didapatkan nilai rata-rata 93,05 dengan kriteria sangat valid, pada aspek kelayakan kegrafikan diperoleh nilai 90,27 dengan kriteria sangat valid. Rata-rata nilai validasi yang diperoleh yaitu 90,83 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ­e-learning berbasis edmodo pada materi sel dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Alqudah, N. M., Jammal, H. M., Saleh, O., Khader, Y., Obeidat, N., & Alqudah, J. (2020). Perception and experience of academic Jordanian ophthalmologists with E-Learning for undergraduate course during the COVID-19 pandemic. Annals of Medicine and Surgery, 59(June), 44–47. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014 DOI: https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014

Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505 DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011

Erwin, V. A., & Yarmis, Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 901–908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.183

Gunawam, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453 DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan, 6(2), 206–219. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Maimuna, L. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Mutu Hasil Belajar Di Amik Bina Sriwijaya Palembang. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 62–70. http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v7i1.1477 DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v7i1.1477

Mayer, R. E. (2019). Searching for the role of emotions in e-learning. Learning and Instruction, May, 101213. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.05.010 DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.05.010

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723 DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416 DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416

Nurrohmah, F., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Development of Sparkol Vedio Scribe Assisted Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 233–250. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705 DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Pelajaran, M., & Komputer, S. (2020). Efektivitas Media E-Learning Dengan Model Blended Learning Pada. 9(1), 149–159.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Pratiwi, N. L. P. P., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 8(2), 114–121. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2932

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Kelas Ivc Sd Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction ) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254 DOI: https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving student’s mathematical problem solving skills through Quizizz. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 276–288. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696 DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696

Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407 DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407

Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan game petualangan “si bolang” sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwastra, I. W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Singaraja. Edutech, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3795

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Undiksha.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752

Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Heni Putri, D. A., Ardi, A., Alberida, H., & Yogica, R. (2021). Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34443

Issue

Section

Articles