KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18620Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-Eksperimental Design berupa one group pretest-postest design.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SD N 01 Rowosari Kendal. Sampel yang diambil adalah 25 siswa. Berdasarkan perhitungan uji normalitas awal menggunakan uji Liliefors, diperoleh n = 22 dan taraf nyata α = 0,05, dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel = 0,90. Karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,142 < 0,190, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribus normal. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung = 0,164 dengan n = 22 dan taraf nyata α = 0,05 dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel = 0,190, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,082 < 0,173 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal.Berdasarkan uji-t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 10 > 2,047. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan.
Kata Kunci: Keefektifan Belajar, Model CTL, Hasil Belajar
Referensi
Alizamar. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran; Impleemtasi dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Media Akademi.
Al-Tahabani, TIB. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif, Progersif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta 2013.
Aryani, Ni Kt. Sri & I Nym Murda, I. G. A. Tri Agustiana. 2013. ”Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Chaqiqi, Aulia. 2012. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Matematika materi garis dan sudut pada Siswa Kelas VII DI SMPN 16 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya Kampus Lidah Wetan.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
.
Hilman, Latief. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasibuan, HMI. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning. Logaritma Vol. II.
Husmawati. 2016. Peningkatan hasil belajar melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media video SMA N 1 Leumbah Seulawah. Halaman 24-25.
Ratih. 2014. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Pemodelan Media Sederhana Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, No 1
Septian, ID. 2016. Keefektikan Model Teaching and Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia siswa SMA N 02 Demak. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Universitas Negeri Semarang.
Suarjana, I Made, I Ketut Dibia, Ni Luh Ayu Sariani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. International Journal of Elementary Education. Volume 2, Number 3, pp. 131-137.
Sugiyono. 2015. Metode Peneletian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Thobroni, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yumrotun, Siti. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika materi pecahan Siswa Kelas IV SD N 01 Sidomulyo Kendal. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Semarang.
Zulaiha, Siti. 2016. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam vol. 1, no 01.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)