PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 (BUMIKU) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN GEROKGAK

Penulis

  • kadek evan astra arsiana universitas pendidikan ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.52798

Kata Kunci:

instrumen, HOTS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dari instrumen penilaian HOTS pada pembelajaran Tema 8 (bumiku) di kelas VI sekolah dasar. Pada penelitian ini, pengembangan instrumen penilaian berpedoman pada model pengembangan Borg & Gall. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes. Hasil uji validitas isi yang diuji oleh 4 dosen ahli instrumen penilaian HOTS dinyatakan relevan, uji validitas butir soal yang dilakukan di 4 sekolah dinyatakan valid, hasil uji reliabilitas instrumen penilaian HOTS sebesar 0,82 yang berada pada kategori sangat tinggi, rata-rata hasil uji daya beda soal sebesar 0,43 yang berada pada kategori baik, rata-rata hasil uji tingkat kesukaran soal sebesar 0,502 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada pembelajaran Tema 8 (bumiku) di kelas VI sekolah dasar layak digunakan.

Referensi

Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83

Andoko. (2020). Peningkatan Hots Dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inkuiri Kelas 7C SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134. DOI: https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134

Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in Developing Higher-order Thinking Based Online Test Instrument for Biology Teacher in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3). https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241. DOI: https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.123-148

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457

Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012109. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Chang, L. S., & Lund, J. (2018). Assesment for Learning in Physical Education: The What, Why, and How. Journal Physical Education, Recreation, and Dance, 89(8). https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan Instrumen Assesmen HOTS pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/jkp.v5i3.21869.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher order thinking skill pada Pembelajaran Tematik berbasis Outdoor Learning di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.

Granberg, C., Palm, T., & Palmberg, B. (2021). A case study of a formative assessment practice and the effects on students’ self-regulated learning. Studies in Educational Evaluation. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100955. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100955

Hamidah, M., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian berbasis HOTS menggunakan Aplikasi Quizizz. Efisiensi: Kajian Ilmu Adminsitrasi, 18(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Hanik, A., Ashari, & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.37729/jpd.v2i1.967.

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(8). https://doi.org/10.31004/obsesi/v4i2.468. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Hermianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Kokami di Kelas IV SD Negeri Dukuhwaluh. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627

Morze, N., Varchenko-Trotsenko, L., Terletska, T., & Smyrnova-Trybulska, E. (2021). Implementation of adaptive learning at higher education institutions by means of Moodle LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012062. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012062

Msosa, A., Bruce, J., & Crouch, R. (2021). Effect of A Formative Assesment Intervention on Nursing Skills Laboratory Learning in A Resource-constrained Country. Nurse Education Today, 97. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104677. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104677

Muji. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pancaran, 3(4).

Oktavia, Ambar, & Agustin, H. (2020). Umbul Card: A Traditional Game as Nutrition Education Media Among Elementary School Students. International Journal of Education Research Review, 5(1). https://doi.org/10.24331/ijere.646821. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.646821

Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824.

Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, R., & Linda, R. (2019). Pengembangan Soal Hots Dengan Wondershare Quiz Creator Sebagai Media Display Pada Materi Stoikiometri Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2). https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469. DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Salmia, & Yusri, M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1). https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997.

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Syudirman, & Saputra, A. (2020). (2020). Konsep Higher order thinking skill (HOTS) pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.557. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.557

Thoyyibah, N., Hartono, R., & Bharati, D. A. L. (2019). The Implementation of Character Education in the English Teaching Learning Using 2013 Curriculum. English Education Journal, 9(2), 254–266. https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.30058. DOI: https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.30058

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi, Self Assesment, dan Peer Assesment pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1). https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Widiyati, & Wiwik. (2014). Belajar dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme. Jurnal Biology Science & Education, 3(2). https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.521. DOI: https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.521

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.665.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Zuliani, Dewi, Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1).

Diterbitkan

2022-10-26

Cara Mengutip

astra arsiana, kadek evan, Yudiana, K. ., & Antara, P. A. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 (BUMIKU) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN GEROKGAK. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 267–273. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.52798

Terbitan

Bagian

Articles