E-Book: Inovasi Media Pembelajaran Digital Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Kadek Rita Aristiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.54833

Kata Kunci:

E-Book, Problem Based Learning, IPS

Abstrak

Penelitian dilaksanakan karena variasi media pembelajaran masih kurang di SD. Penelitian bertujuan mengembangkan E-Book berbasis Problem Based Learning muatan pelajaran IPS kelas V SD. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil uji validitas menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 91,67%  dengan kualifikasi  sangat  baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 88,6% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh  skor 90%  dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 92,2% dengan kualifikasi sangat baik serta uji efektivitas memperoleh thitung = 8,910 untuk db = 54 dan taraf signifikan 5% (2,005). Sehingga thitung > ttabel artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan E-Book. Disimpulkan bahwa E-Book efektif digunakan. Implikasi E-Book ditunjang dari fasilitas sekolah seperti internet/WiFi, SmartPhone/Laptop, LCD/proyektor, serta keterampilan dalam mengakses E-Book

Referensi

Abriyanti, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX di UPT SMP Negeri 3 Binamu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 403–413. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/267 %0A.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Agatha, R., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p1-7. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p1-7

Aisyah, D. D., & Sucahyo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning Dan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3). https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p23-31.

Amin, K. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas 4. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53813. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53813

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646

Andari, I. A. K. M. L., Darsana, I. W., & Sri Asri, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 3(4), 373. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21309. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21309

Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 330–340. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p330-340. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p330-340

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184. DOI: https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269. DOI: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Azmanita, Y., & Festiyed, F. (2019). Analisis Kebutuhan Media untuk Pengembangan E-Book Tema Abrasi pada Pembelajaran Fisika Era 4.0. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(1). https://doi.org/10.24036/jppf.v5i1.107416.

Bayani, A. (2019). Pengembangan e-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok SMP/MTs Kelas VIII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2625. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2625

Emrisena, A., Abdurrahman, & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2). https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267.

Hamdani, A. D. (2021). Pendidikan Di Era Digital Yang Mereduksi Nilai Budaya. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 62. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.971. DOI: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.971

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 2 Tol. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2). https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.126.

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10559. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10559

Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289

Nasution, Y., Tambunan, H. P., & Risma, R. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Budaya Lokal Sumut Pada Mata Kuliah Pendidikan Ips Kelas Tinggi Pgsd Unimed. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 300. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32683. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32683

Novitasari, D., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elecronic Book (E-Book) Berbasis Edmodo Kelas X SMK Kartikatama Metro. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(2). https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2533. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2533

Nurafni, N., & Putri, H. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Nurjamilah, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Katulistiwa, 11(8), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57489.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147. DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.27147

Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun E-Book “Kegiatanku Dalam Menjaga Lingkungan Alamku” Pelajaran IPS Kelas V SD. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 10. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211. DOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211

Puspitasari, R. (2016). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dalam Muatan Environmental Education Pada Pembelajaran IPS di MI Darul Hikam Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.547. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.547

Rahayu, Y. S., & Wahyuni, L. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sanuaka, A. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia Dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D Dan Teknik Animasi 2D Di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1). https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20226. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20226

Septiani, U. U., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Development of Problem Based Learning Book for Indonesian Language and Literature Subject at Junior High School". Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran (JDPP), 8(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2194. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2194

Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369

Silva, I. P., Purnomo, D., & Zuhri, M. S. (2019). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme Berbantu Media E-Book Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas X di SMKN 11 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 310–316. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4859. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4859

Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2022). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206. DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wahyuni, I., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868. DOI: https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868

Widyaswati, R., Amelia, maria agustina, & Sarwi, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV Sdn 2 Mantingan. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 181–188. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1297. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1297

Wilyanti, L. S., Larlen, L., & Suryani, I. (2021). Pengembangan E-Book Mata Kuliah Drama sebagai Media Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 156. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1136. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1136

Yanti, N., & Ampera, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book (Buku Digital) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Pesona., 1(1). https://doi.org/10.24114/pesona.v1i1.24210. DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i1.24210

Yusup, Y., Santoso, S., & Istifarida, B. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X SMA N 1. Paedagogia, 20(2), 134. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8596. DOI: https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8596

Zakiah, I. F., Karim, S., Efendi, R., & Feranie, S. (2021). Rancang Bangun E-book Interaktif pada Materi Gelombang Cahaya. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v6i1.32262. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v6i1.32262

Diterbitkan

2022-12-21

Cara Mengutip

Aristiani, N. K. R., & Anak Agung Gede Agung. (2022). E-Book: Inovasi Media Pembelajaran Digital Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 410–419. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.54833

Terbitan

Bagian

Articles