Efektivitas Penggunaan LKPD Ditinjau dari Tingkat Percaya Diri Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS di Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.61041Kata Kunci:
LKPD, Percaya Diri, Soal HOTSAbstrak
Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan lembaran kegiatan yang dikerjakan peserta didik agar memahami materi yang diberikan guru serta memberikan pengetahuan dan keterampilan, termasuk kegiatan penyelidikan dan pemecahan masalah melalui eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode LKPD berkelompok lebih efektif daripada metode LKPD Individual dalam menyelesaikan soal dan apakah terdapat interaksi antara metode dan tingkat percaya diri peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Denpasar pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial treatmen by level 3x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 7 Denpasar yang berjumlah 10 kelas. Statistik Lilieffors digunakan untuk uji normalitas, dan uji Levene untuk menguji homogenitas varians. Semua analisis tersebut menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Metoda LKPD berkelompok lebih efektif dari pada metoda konvensional dalam kemampuan menyelesaikan soal HOTS; (2) Metoda LKPD Individu lebih efektif dari pada metoda konvensional dalam kemampuan menyelesaikan soal HOTS; (3) Metoda LKPD berkelompok lebih efektif dari pada metoda LKPD Individual dalam kemampuan menyelesaikan soal HOTS. (4) Terdapat interaksi antara metoda dan tingkat percaya diri dalam menyelesaikan soal HOTS dapat diterima. Hasil uji lanjut berupa simple effect sebagai konskwensi adanya interaksi maka diketahui bahwa perbedaan yang signifikan antar rata-rata kelompok secara signifikan hanya terjadi pada sub kelompok peserta didik dengan level percaya diri yang rendah.
Referensi
Andriyani, P., Sutja, A., & Sarman, F. (2023). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Kepercayaan Diri Siswa di Mts N 2 Kota jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3370.
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574.
Darusman, A. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA MINQOTHROTUL Ulum Gumukmas. Pandalungan : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.837.
Eliati, T. A. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Peserta Didik. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 19–31. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.148.
Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/437.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 55–60. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013.
Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552.
Mahendri, P. D., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.
Manalu, W. R., & Siregar, E. Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Pandan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 93–98. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1086.
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS model TIMSS dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234.
Martono, E. P., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. E. (2021). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167–174. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5262.
Masruroh, Z. S., Suryandari, K. C., & Chamdani, M. (2022). Efektivitas e-LKPD Berbasis Problem Solving Berorientasi HOTS pada Pembelajaran IPA Tema 6 Siswa Kelas V SDN Tugukepatihan 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3), 1–23. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i3.62011.
Mursalim, M., & Rumbarak, T. A. (2021). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 175–184. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1155.
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574.
Purwaningsih, H. (2022). Analisis Butir Soal dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berbeasis HOTS. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 151–156. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-02.
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173.
Sabar, A., Napitupulu, E., & Listyarini, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 138. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39123.
Salwan, S., & Rahmatan, H. (2018). Pengaruh LKPD Berbasis Discovery Learningterhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9812.
Sandra, S. A., & Werdiningsih, C. E. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(3), 259–264. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p.
Siahaan, M. Y., Sahputra, R., Sartika, R. P., Enawaty, E., & Rasmawan, R. (2022). Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Mol. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6678–6689. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3390.
Soleha, A., Yuda, A. K., & Resita, C. (2021). Survei Tingkat Kepercayaan Diri Dalam Permainan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Siswi Di SMA Negeri 1 Pamanukan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching And Education, 5(2). https://doi.org/10.21009/JSCE.05210.
Ulum, A. S., Sumarwiyah, S., & Pratiwi, I. A. (2019). Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kartu Kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.2942.
Vania, A. S., Sabilla, A., Hakim, A. N., & Sudrajat, V. H. (2022). Revitalisasi Pembelajaran Berbasis HOTS di Abad 21. Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2066–2070. https://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/494.
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811.
Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.406.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Made Surat, I Komang Sukendra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)