ANALISIS KEGAGALAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN

Authors

  • Komang Hendra Adiyasa .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, S.E., M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) penyebab kegagalan pelatihan dalam meningkatkan kinerjas, (2) dampak yang ditimbulkan dari kegagalan pelatihan dalam meningkatkan kinerja, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kegagalan pelatihan dalam meningkatkan kinerja di PT Astra Internasional Daihatsu Cabang Singaraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik obeservasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi yang selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penyebab kegagalan pelatihan dalam meningkatkan kinerja disebabkan dari dua aspek, yaitu (a) perusahaan dan (b) karyawan, (2) dampak yang ditimbulkan akibat kegagalan pelatihan yaitu (a) menurunnya penjualan, tidak memenuhi target, sulit memenuhi biaya oprasional, (b) pengelola perusahaan tidak mencapai target, tunjangan menurun, (c) bagi karyawan bonus tidak dibayarkan, menurunnya semangat kerja, (d) pelanggan kecewa, beralih keperusahaan lain, (e) kepercayaan perusahaan pusat menurun (3) upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi kegagalan pelatihan (a) mempersiapkan materi pelatihan, (b) menyeleksi peserta, (c) menyeleksi instruktur, (d) mengevaluasi peroses pelatihan, (e) melakukan seleksi karyawan, (f) memberikan motivasi kepada karyawan.
Kata Kunci : kegagalan pelatihan, kinerja karyawan

This study aimed to obtain the descriptive study regarding to (1) the cause of the failure of training in improving the employee performance, (2) the impact of the failure of training in improving the employee performance, (3) the efforts made to overcome the failure of training in improving the employee performance in PT Astra Internasional Daihatsu Cabang Singaraja. This study is descriptive research with a qualitative approach. The data collection was done by doing an observation, interview, documentation, and triangulation. To analyze the data, the next step is to do the reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study showed that (1) the cause of the failure of training in increasing employee performance caused by two, namely (a) of the company and (a) the of employees, (2) the impact that caused by the failure of training, namely (a) decreasing the amount of sales, can’t get target, difficult get opradional cost, (b) company manager did not reach the target, decreased allowances, (c) for employee bonus not paid, spirit decreased, (d) fcustomers are disappointed,switch to another company, (e) declining central confidence, (3) efforts to be made by the company to overcome the failure of training, namely (a) preparingtraning materials, (b) selecting participants, (c) selecting instructors, (d) evaluating the traning process, (e) selecting employees, (f) motivating employees.
keyword : a training failure, employee performance

Published

2017-10-27

How to Cite

., K. H. A., ., D. W. B. M., & ., N. L. W. S. T. S. M. (2017). ANALISIS KEGAGALAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/12377

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>