ANALISIS PENURUNAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. TRANS COFFEE BEACHWALK DI KUTA

Authors

  • Ni Kadek Ayu Yasinta .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Komang Krisna Heryanda, S.E., M.M. .

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penyebab penurunan kinerja karyawan, (2) dampak penurunan kinerja karyawan, dan (3) upaya yang dilakukan oleh PT Trans Coffee Beachwalk untuk meningkatkan kinerja karyawan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan dan objek dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Trans Coffee Beachwalk. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowbling sampling kemudian data dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model teknik analisis data deskriptif. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penyebab penurunan kinerja disebabkan oleh faktor internal perusahaan yang meliputi: (1) aspek karyawan, (2) aspek manajer, (3) aspek lingkungan, (4) aspek hubungan kerja. Dampak dari penurunan kinerja dilihat dari 2 aspek yaitu (1) dari pihak manajer mendapatkan dampak dalam keagagalan mengarahkan dan memantau perkembangan setiap karyawan, (2) dari pihak karyawan dampak yang diberikan adalah kompensasi yang diterima akan berkurang setiap bulannya. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi penurunan kinerja karyawan dapat dilihat dari 3 aspek yaitu dari aspek manajer (1) memulai melaksanakan seleksi karyawan untuk karyawan baru, (2) melaksakan program pelatihan guna untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan, dan (3) menerapkan sistem target pada setiap karyawan agar karyawan memiliki sesuatu yang dicapai. Dari aspek karyawan, setiap karyawan harus dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin agar mendapatkan kompensasi yang lebih sesuai dengan kinerjanya.
Kata Kunci : Kata kunci: analisis kinerja, manajemen sumber daya manusia, penurunan kinerja

ABSTRACT This study aims to describe: (1) the cause of employee performance decline, (2) the impact of employee performance degradation, and (3) efforts made by PT Trans Coffee Beachwalk to improve employee performance. The research design used in this research is qualitative design. Subjects in this study are employees and objects in this study is the performance of employees. Population in this research is all employees at PT. Trans Coffee Beachwalk. This research uses purposive sampling and snowbling sampling technique then the data is collected by interview, documentation, and observation technique. Data analysis used in this research is descriptive data analysis technique model. Activity in data analysis, ie data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The cause of the performance decline is caused by internal factors of the company which include: (1) employee aspect, (2) manager aspect, (3) environmental aspect, (4) aspect of working relationship. The impact of performance degradation is seen from 2 aspects: (1) from the manager get the impact in failing to lead and monitor the development of each employee, (2) from the employee the impact given is the compensation received will decrease every month. Efforts to reduce employee performance can be seen from three aspects: managerial aspect (1) initiates employee selection for new employees, (2) implements training programs to increase the potential of each employee, and (3) implements the system target on each employee for employees to have something accomplished. From the employee aspect, every employee should be able to carry out their duties as best as possible in order to get more compensation in accordance with its performance.
keyword : Keywords: performance analysis, human resource management, performance decrease

Published

2018-02-26

How to Cite

., N. K. A. Y., ., D. W. B. M., & ., K. K. H. S. M. (2018). ANALISIS PENURUNAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. TRANS COFFEE BEACHWALK DI KUTA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/13562

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>