PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ENAM TIGA SEJAHTERA SINGARAJA

Authors

  • NI WAYAN BUDIASIH .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E., MBA. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) komunikasi dan kompetensi emosional terhadap kinerja karyawan, (2) komunikasi terhadap kompetensi emosional karyawan, (3) komunikasi terhadap kinerja karyawan, (3) kompetensi emosional terhadap kinerja karyawan PT Enam Tiga Sejahtera Singaraja. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Enam Tiga Sejahtera Singaraja dan objek penelitian ini adalah komunikasi, kompetensi emosional dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah sebanyak 40 orang karyawan. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan wawancara terstruktur, kemudian dianalisis dengan analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi dan kompetensi emosioanal berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sebesar 84,40%, (2) komunikasi berpengaruh positif terhadap kompetensi emosioanal karyawan sebesar 84,50%, (3) komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sebesar 41,70%, (4) kompetensi emosional berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan sebesar 38,60%.
Kata Kunci : kinerja karyawan, kompetensi emosional, komunikasi

This research aims at obtaining tested explanative findings about the effect of (1) communication and emotional competence on employee performance, (2) communication on the emotional competence of employees, (3) communication on employee performance, (3) emotional competence on employee performance of PT Enam Tiga Sejahtera Singaraja. The research design used was quantitative causal. The subjects of this research are employees of PT Enam Tiga Sejahtera Singaraja and the objectsare communication, emotional competence and employee performance. The population of this research amounted to 40 employees. The data was collected by questionnaire method and structured interview then analyzed by path analysis. The result of the research shows that: (1) communication and emotional competence have positive effect on employee performance equal to 84,40%, (2) communication has positive effect to employee emotional competence equal to 84,50%, (3) communication has positive effect to employee performance 41 , 70%, (4) emotional competence has a positive effect on employee performance of 38.60%.
keyword : employee performance, emotional competence, communication

Published

2018-07-27

How to Cite

., N. W. B., ., D. W. B. M., & ., G. P. A. J. S. S. M. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ENAM TIGA SEJAHTERA SINGARAJA. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15227

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>