ANALISIS STRES KERJA KARYAWAN PADA UNIT OPERASIONAL PT POS INDONESIA (PERSERO) DI KABUPATEN BULELENG (Sebuah Kajian Dengan Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Authors

  • Putu Ika Trisna Dewi .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penyebab terjadinya stres kerja, (2) dampak stres kerja, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi stres kerja karyawan unit operasional PT Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Buleleng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua sepek yang menjadi penyebab terjadinya stres kerja karyawan, yaitu (a) aspek perusahaan disebabkan oleh beban kerja, kondisi kerja, struktur organisasi, konflik dengan atasan dan konflik antara sesama rekan kerja dikatakan menjadi pemicu munculnya stres dan (b) aspek karyawan disebabkan oleh minimnya etos kerja karyawan, (2) dampak yang ditimbukan dari terjadinya stres kerja karyawan ada empat, antara lain bagi perusahaan, pengelola perusahaan, karyawan, dan pengguna jasa pelayanan, (3) upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi stres kerja karyawan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan organisasi dan pendekatan individu
Kata Kunci : kinerja karyawan, operasional perusahaan, stres kerja

This research aimed at describing: (1) causes of occupational stress occurrence on operational unit employee, (2) occupational stress’ effects on operational unit employee, and (3) efforts to do to overcome occupational stress on operational unit employee of PT Pos Indonesia (Persero) in Buleleng Regency. The method used in this research was descriptive qualitative. Data collection was done by conducting deep interview, participative observation, documentation, and triangulation. The results of this study revealed: (1) the causes of occupational work can be divided into two aspects (a) namely company aspect and (b) employee aspect. (a) The company aspect was caused by workload, work condition, organization structure, conflict with boss, and conflict with colleague which were said as causes to the occurrence of the stress, meanwhile, (b) the employee aspect was caused by work ethic minimum, (2) there were 4 effects appeared from the employee occupational stress namely to the company, employee, manager, and service users, (3) the efforts done by the company to overcome employee occupational stress were by doing two approaches namely organization approach and individual approach.
keyword : employee performance, operational company, occupational stress

Published

2019-07-19

How to Cite

., P. I. T. D., ., D. W. B. M., & ., N. N. Y. S. M. . (2019). ANALISIS STRES KERJA KARYAWAN PADA UNIT OPERASIONAL PT POS INDONESIA (PERSERO) DI KABUPATEN BULELENG (Sebuah Kajian Dengan Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia) . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/18647

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>