ANALISIS KETIDAKTERCAPAIAN JUMLAH KEBUTUHAN KARYAWAN PADA CV TRINADI (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh temuan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi, observasi partisipatif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyebab ketidaktercapaian jumlah kebutuhan karyawan yaitu informasi rekrutmen tidak sampai kepada masyarakat luas, tuntutan kerja serta persyaratan rekrutmen perusahaan tinggi, gaji yang diberikan perusahaan kurang sesuai, kurangnya motivasi serta tidak sesuainya pekerjaan yang diberikan dengan kemampuan karyawan, (2) dampak ketidaktercapaian jumlah kebutuhan karyawan yaitu perusahaan tidak bisa memenuhi target, citra perusahaan menjadi kurang baik serta kesulitan memenuhi biaya operasional, karyawan menjadi lembur sehingga kesehatan karyawan terganggu dan hasil kerja karyawan menjadi kurang optimal, (3) upaya yang dilakukan yaitu melakukan promosi meluas agar informasi rekrutmen sampai kepada masyarakat, perusahaan hendaknya menentukan waktu minimal kerja, perusahaan mempermudah persyaratan rekrutmen, perusahaan memberikan gaji yang sesuai, perusahaan memberikan motivasi serta satu karyawan sebaiknya di tempatkan pada satu pekerjaan.Kata Kunci : deskriptif kualitatif, kebutuhan karyawan, rekrutmen karyawan
This study aims to obtain qualitative descriptive findings. This study uses data collection methods namely documentation techniques, participatory observation and interviews. The results of this study indicate that (1) the causes of underachievement in the number of employee needs, namely recruitment information does not reach the general public, work demands and high recruitment requirements of the company, the salary given by the company is not appropriate, lack of motivation and incompatibility of work with employees, (2) the impact of the inadequacy of the number of employees needs, namely the company cannot meet the target, the company's image is not good and difficulty in fulfilling operational costs, employees become overtime so that employee health is disrupted and employee work results are less optimal, (3) extensive promotion so that recruitment information reaches the public, the company should determine the minimum time for work, the company simplifies recruitment requirements, the company provides an appropriate salary, the company provides motivation and one employee should be placed on one job.
keyword : qualitative descriptive, employee needs, employee recruitment
Published
2019-07-19
How to Cite
., K. A. K. D., ., D. W. B. M., & ., I. N. S. S. M. (2019). ANALISIS KETIDAKTERCAPAIAN JUMLAH KEBUTUHAN KARYAWAN PADA CV TRINADI (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia) . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/18676
Issue
Section
Articles