PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO CLEAR

Authors

  • Putu Agus Merta Arsana .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E., M.M. .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian, (2) celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, (3) citra merek terhadap keputusan pembelian shampoo Clear Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha Angkatan Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha angkatan tahun 2016 dan objek dalam penelitian ini adalah celebrity endorser, citra merek, dan keputusan pembelian. Sampel penelitian ini berjumlah 240 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan skala likert. Data dikumpulkan dengan kuesioner, serta dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) celebrity endorser dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sumbangan pengaruh sebesar 58,6%, (2) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sumbangan pengaruh sebesar 17,6%, dan (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sumbangan pengaruh sebesar 23,9% shampoo Clear pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha angkatan tahun 2016
Kata Kunci : celebrity endorser, citra merek, keputusan pembelian

This study aims to examine the effect of (1) celebrity endorser and brand image on purchasing decisions, (2) celebrity endorser on purchasing decisions, (3) brand image on Clear shampoo purchasing decisions at the 2016 Undiksha Faculty of Economics Students. This study uses design causal quantitative research. The sampling method in this study used the stratified random sampling method. The subjects of this study were the 2016 students of the Undiksha Faculty of Economics and the objects in this study were celebrity endorsers, brand image, and purchasing decisions. The sample of this study amounted to 240 people. The type of data used is qualitative data that is quantified with a Likert scale. Data was collected by questionnaire, and analyzed by multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that (1) celebrity endorser and brand image have a significant effect on the influence of purchasing decisions by 58.6%, (2) celebrity endorsers have a positive and significant effect on the influence of purchasing decisions of 17.6%, and (3) brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions contributing 23.9% of Clear Shampoo to the 2016 Undiksha Faculty of Economics students
keyword : brand image, celebrity endorser, purchase decision

Published

2019-07-29

How to Cite

., P. A. M. A., ., N. N. Y. S. M. ., & ., D. W. B. M. (2019). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO CLEAR . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19092

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>