ANALISIS PENILAIAN DAN PENGENDALIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK

Authors

  • Putu Setiawan .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E., MBA. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan tentang penilaian dan pengendalian manajemen sumber daya manusia strategik pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng. Subyek penelitian ini adalah karyawan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng sedangkan obyek penelitian ini adalah penilaian dan pengendalian manajemen sumber daya manusia strategik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif. Data di kumpulkan dengan metode kuesioner, wawancara pencatatan dokumen kemudian dianalisis secara deskriptif. Temuan analisis deskriptif menunjukan bahwa penilaian dan pengendalian manajemen sumber daya manusia strategik di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng tergolong dalam kategori baik, kecuali pada program pengembangan kinerja pengelolaan, bimbingan teknis persampahan dan pengelolaan ruang terbuka hijau dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan masih perlu meningkatkan program penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan dan pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup dalam kategori baik.
Kata Kunci : Penilaian dan pengendalian sumber daya manusia strategik.

The research aims to obtain deskriciptive findings about the assessment and control of strategic Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng. The subjects of this study were employees of the Buleleng cleaning and gardening department while the object of this research was the assessment and control of strategic Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng. The design used in this study was descriptive design data obtained by question naire method, interviews and recording document then analized descriptively. The findings of the descriptive analysis show that the assessment and control of strategic Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng district work program is in a good category. Except in the management performance development program, solid waste technical guiddanche and management of green open spaces in a very good category. The results of the study indicate that there is still a need to improve the program for the provision of facilities infrastructure for solid waste management and control of pollution and environmental destruction in good categories.
keyword : Assessment and control of strategic human resource management.

Published

2019-07-29

How to Cite

., P. S., ., D. W. B. M., & ., G. P. A. J. S. S. M. (2019). ANALISIS PENILAIAN DAN PENGENDALIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/19137

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>