Analisis Faktor Fundamental dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2013

Authors

  • Kadek Nelly Indrawati Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Faktor Fundamental, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan faktor fundamental yaitu current ratio, debt to equity ratio, return on equity, inventory turnover dan earning per share, (2) menguji pengaruh faktor fundamental secara simultan dan parsial terhadap harga saham, dan (3) mengetahui pengaruh faktor fundamental yang berpengaruh paling dominan terhadap harga saham pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dan kausal. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan faktor fundamental berada dalam kategori rendah, akan tetapi masing-masing faktor fundamental yaitu current ratio berada dalam kategori rendah, debt to equity ratio berada dalam kategori rendah, return on equity berada dalam kategori tinggi, inventory turnover berada dalam kategori rendah, dan earning per share berada dalam kategori rendah, (2) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan dari faktor fundamental yaitu current ratio, debt to equity ratio, return on equity, inventory turnover dan earning per share terhadap harga saham, secara parsial ada pengaruh positif dan signifikan dari current ratio, return on equity, dan earning per share terhadap harga saham, dan debt to equity ratio dan inventory turnover berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap harga saham, dan (3) earning per share memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap harga saham.

 

 

References

Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta; BPFE.

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhrudin, 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Salembang Empat.

Darmawansyach, Budi. 2012. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Pasar Saham Perusahaan Agroobisnis di Bursa Efek Indonesia. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Pascasarjana, Universitas Terbuka UPBJJ Medan. Tersedia pada http://pustaka.ut.ac.id (diakses tanggal 30 Januari 2014).

Dewi, Rachmawati. 2012. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Makro Ekonomi Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2007-2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen, Universitas Diponegoro (hlm. 7-8). Tersedia pada http://eprints.undip.ac.id (diakses tanggal 30 Januari 2014).

Gadang, Darminto, dkk. 2013. Pengaruh Faktor Mikro dan Faktor makro Ekonomi Terhadap Harga Saham Perusahaan Mining And Mining Services yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 6, Nomor 2 (hlm. 8-10). Tersedia pada http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id (diakses tanggal 30 Januari 2014).

Harahap Sofyan Syafri. 2007. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 1998. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi 2. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Yogyakarta: BPF-UGM.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lasni, Ledi. 2009. AnalisisFaktor Fundamental dan Resiko Sistematik Terhadap Harga Saham pada Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Akuntansi, Universitas Gunadarma (hlm. 5-6). Tersedia pada www.gunadarma.ac.id/library/articles/.../2009/Artikel_20205720.pdf (diakses tanggal 30 Januari 2014).

Oktavia dan Ervita. 2012. Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen Keuangan, STIE MDP (hlm. 9-11). Tersedia pada http://eprints.mdp.ac.id/930/1/jurnal-okta.pdf (diakses tanggal 30 Januari 2014).

Situs Bursa Efek Indonesia,Pojok BEI www.idx.co.id.

Downloads

Published

2017-10-30

How to Cite

Indrawati, K. N., Cipta, W., & Yulianthini, N. N. (2017). Analisis Faktor Fundamental dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2013. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(3), 172–179. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38399

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>