Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menabung

Authors

  • I Made Swisma Danu Sanjaya Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wayan Cipta Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Analisis Faktor, Lokasi, Pribadi, Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menabung, dan (2) faktor yang paling dominan menjadi pertimbangan konsumen dalam menabung pada PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja tahun 2015. Penelitian ini menggunakan jenis atau bentuk penelitian verifikatif dengan memakai perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada nasabah PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja dan metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data adalah kuesioner (angket), kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menabung pada PT. BPR Kapal Basak Pursada di Singaraja adalah faktor pribadi, faktor lokasi, dan faktor produk. Faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen adalah faktor pribadi dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 3,635.

 

 

References

Assauri, Sofyan. 2001. Manajemen Pemasaran, Dasar, konsep, dan Strategi, Jilid I, Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

-----------------. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 2. Jakarta: Pearson Education Asia PT.e. Ltd dan PT. Prenhallindo.

Hair, J.F., R.F. Anderson, R.L. Tatham dan W.C. Black. 1998. Multivariate Data Analysis, 5th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

-----------------------------------. 2006. Marketing Manajemen .USA: Prentice Hall.

-----------------------------------. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kristanto, Paulus Lilik. 2011. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Mowen, H. 2002. Perilaku Konsumen, Jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pramana, I Made Satria. 2013. “Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. BPR Pusaka Denpasar”. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Rambat, Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Ikrima Nailul. 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah Memilih Bank Muamalat Cabang Batam Tahun 2009-2010”. Jurnal Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

-----------. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

----------. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Swasta, Basu dan Handoko. 2000. Manajemen Barang dalam Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan Kedua BPFE.

Umar, Husain. 2003. Riset Pemasaran, Dan Perilaku Konsumen, Cetakan ketiga. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Dasar 1945. Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. UU No. 10 Tahun 1998, LN No. 182 Tahun 1998, TLN No. 3790. Jakarta: PT. Arnas Duta Jaya.

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran Aplikasi Software SPSS. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Sanjaya, I. M. S. D., Yulianthini, N. N., & Cipta, W. (2020). Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Menabung. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(1), 17–26. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38410

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>