PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA

Authors

  • Made Pradnya Pratiwi .
  • I Wayan Suwendra, S.E., M.Si. .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang (1) pengaruh simultan dari strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh parsial dari strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Astra Motor Singaraja. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan komunikasi pemasaran yang terdiri iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, (2) ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda tahun 2013 pada Astra Motor Singaraja
Kata Kunci : keputusan pembelian, komunikasi pemasaran

Abstract This study aims to obtain an explanatory findings were tested on (1) simultaneous effect of marketing communication strategy to the buying decision,(2) the partial effect of marketing communication strategy to the buying decision of Honda motorcycles in 2013 at Astra Motor Singaraja. The dependent variable in this study is a buying decision, while the independent variables in this study are advertising, personal selling, sales promotion, public relations, and direct marketing.The type of data in this study is quantitative data. Data were collected by questionnaire, and then analyzed by multiple linear regression. Results showed (1) there is a positive and significant effect simultaneous marketing communications which consist of advertising, personal selling, sales promotion to the buying decision, (2) there is a positive and significant effect partially from advertising, personal selling, promotion, public relations, and direct selling to the buying decision of Honda motorcycles in 2013 at Astra Motor Singaraja.
keyword : marketing communication strategy, buying decision

Published

2015-02-25

How to Cite

., M. P. P., ., I. W. S. S. M., & ., N. N. Y. S. (2015). PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA . Jurnal Manajemen Indonesia, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/4662

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>