ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP

Authors

  • Made Martini Widi l .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .
  • I Wayan Suwendra, S.E., M.Si. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksprolatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap pada RSUD. Kabupaten Buleleng dan objeknya adalah kepuasan pasien rawat inap. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap pada bulan November tahun 2015 di RSUD. Kabupaten Buleleng yang diambil sampel sebanyak 130 pasien dengan teknik random sampling (acak sederhana). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket atau kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap yaitu: (1) faktor manfaat/benefit, interaksi personal, kepribadian, dan lokasi, (2) faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap adalah faktor manfaat/benefit.
Kata Kunci : kepuasan pasien

This study aimed to determine empirically the factors that affect patient satisfaction hospitalized. This research includes studies eksprolatif. Subjects in this study is the patient hospitalized RSUD. Kabupaten Buleleng and the object is patient hospitalized satisfaction. Population in this study were all patient hospitalized in November on RSUD. Kabupaten Buleleng which was taken a sample of 130 patient with random sampling technique (simple random). The data collection was done by using a questionnaire or a questionnaire then analyzed using factor analysis. The results showed that fakor-factors that affect customer satisfaction, namely: (1) the benefit factor, personal interaction, personality, and location, (2) the most dominant factors that affect patient hospitalized satisfaction is the benefit factor.
keyword : patient satisfaction

Published

2016-03-05

How to Cite

., M. M. W. l, ., N. N. Y. S., & ., I. W. S. S. M. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP . Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6684

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>