PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN

Authors

  • I Gusti Putu Gde Indra Dinar .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besar pengaruh simultan biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan, dan (2) besar pengaruh parsial biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada UD Tirta di Jembrana. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Objek dalam penelitian ini adalah UD Tirta yang berlikasi di Kabupaten Jembrana. Populasi penelitian ini berjumlah 36 bulan data biaya produksi, biaya promoasi, dan penjualan dari tahun 2012 sampai dengan 2014 yang semuanya dijadikan sebagi unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik pencatatan dokumen untuk mengumpulkan data biaya produksi, biaya promosi, dan penjualan. Kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada UD Tirta di Jembrana, dan (2) ada pengaruh secara parsial biaya produksi dan biaya promosi terhadap penjualan pada UD Tirta di Jembrana, biaya produksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan, sedangkan biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan.
Kata Kunci : biaya produksi, biaya promosi, penjualan

This research aims to knowing (1) the influence of the simultaneous production cost and promotion cost on sales, and (2) the influence of partial production cost and promotion cost on sales in UD Tirta, Jembrana. The design of research in this research using causal. quantitative research. The object of this research is UD Tirta located in Jembrana. The population in this research amount 36 months of production cost data, promotion cost , and sales from 2012 until 2014 were all used as a unit of observation, so that this research includes the research of population. Data were collected using document note technique to collect data about production cost, promotion cost, and sales. Then analyzed using multiple linear regression analysis. The results of research showed (1) there is a positive influence and significant simultaneous production costs and promotion costs on sales in UD Tirta, Jembrana, and (2) there is a influence partial of production cost and promotion cost on sale in UD Tirta, Jembrana, production cost influence negative and significant on sale, while the cost of the promotion influence positive and significant impact on sale.
keyword : production cost, promotion cost, sales

Published

2016-03-07

How to Cite

., I. G. P. G. I. D., ., N. N. Y. S., & ., G. P. A. J. S. S. (2016). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6747

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>