ANALISIS LAMBATNYA PROMOSI JABATAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) PERWAKILAN SINGARAJA TAHUN 2015 (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Authors

  • Riadotul Hayati .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi,SE.,MSi .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) penyebab lambatnya promosi jabatan, (2) dampak lambatnya promosi jabatan, dan (3) upaya untuk mengatasinya pada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah karyawan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Singaraja, sedangkan objeknya adalah penyebab lambatnya promosi jabatan, dampak lambatnya promosi jabatan, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya.Penelitian ini merupakan penelitian sampel, sampel dipilih secara purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, pencatatan dokumen, dan triangulasi serta dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyebab lambatnya promosi jabatan disebabkan dari aspek karyawan dan aspek perusahaan, (2) dampak yang ditimbulkan bagi karyawan adalah menurunnya semangat kerja karyawan dan rendahnya kinerja karyawan; sedangkan bagi perusahaan adalah menurunnya premi dan profit yang diterima, dan (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan pelatihan, memberikan arahan dan bimbingan, serta mengadakan evaluasi.
Kata Kunci : promosi jabatan

The purpose of this study was to obtain finding descriptive about (1) the cause of not achieving job promotion, (2) the impact of not achievingjob promotion, and (3) the efforts made so employees can achieve job promotion at PT. Jasa Raharja (Persero) agency Singaraja. This research uses descriptive research design with a qualitative approach. The subjects were is employees PT. Jasa Raharja (Persero) agency Singaraja, while the object is the cause of not achieving the job promotion, the impact of not reaching job promotion, and the efforts made so employees can achieve job promotion. This study is a sample, the sample is selected by purposive sampling and snowball sampling. Data collected by participant observation techniques, in-depth interviews, recording documents and triangulation then analyze with descriptive analysis method. The results showed that (1) the cause of not achieving the standards of employee performance resulting from two aspects: employees and aspects of the company, (2) the impact for employees is the decreasing spirit work employees, and poor employee performance; meanwhile for the company is decreasing received premium and profit, and (3) the efforts is to conduct training, provide direction and guidance, and evaluation.
keyword : job promotion

Published

2016-11-23

How to Cite

., R. H., ., N. L. W. S. T., & ., D. W. B. M. (2016). ANALISIS LAMBATNYA PROMOSI JABATAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) PERWAKILAN SINGARAJA TAHUN 2015 (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia) . Jurnal Manajemen Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/8969

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>