Faktor-Faktor yang Menentukan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak Pertamax di SPBU Ahmad Yani, Singaraja-Bali

Authors

  • Kadek Tedy Mandala Putra .
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi,SE.,MSi .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax dan (2) untuk menentukan faktor yang paling dominan menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif berupa jenis atau bentuk penelitian yang meggunakan perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen yang membeli bahan bakar minyak pertamax. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunujukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam keputusan pembelian bahan bakar minyak pertamax adalah faktor keunggulan dan faktor pendukung. Faktor yang paling dominan menentukan konsumen adalah faktor keunggulan dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 2,719.
Kata Kunci : analisis faktor, keunggulan, pendukung

This recent research aims (1) to analyze the factors which determine consumer in deciding of purchasing the Pertamax fuel and (2) to determine the most dominant factor determining customer in deciding of purchasing the Pertamax fuel. The research uses the type or form of quantitative research design be any type or form using statistical calculations are implemented through field data collection on consumer of Pertamax fuel. Data collection technique is the questionnaire (question form) and then they are analyzed using factor analysis. The result shows that the factors which determine consumer in deciding of purchasing Pertamax fuel are advantage factors and endowments factors. The most dominant factor determining this is the advantage factors that is the highest eigenvalue of 2,719.
keyword : factor analysis, advantage, endowment

Published

2021-07-28

How to Cite

., K. T. M. P., ., N. L. W. S. T., & ., N. N. Y. S. (2021). Faktor-Faktor yang Menentukan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak Pertamax di SPBU Ahmad Yani, Singaraja-Bali. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/9569

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>