PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL MATAHARI BEACH RESORT AND SPA PEMUTERAN

Authors

  • Putu Melin Kristina Handayani .
  • Dra.Ni Made Suci,M.Si .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) komunikasi internal dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) komunikasi internal terhadap kepuasan kerja, (3) komunikasi internal terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengalaman kerja terhadap kepuasan kerja pada Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran dan objeknya adalah komunikasi internal, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah 80 karyawan yang semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen serta di analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) komunikasi internal dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) komunikasi internal terhadap kepuasan kerja, (3) komunikasi internal terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengalaman kerja terhadap kepuasan kerja pada Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran.
Kata Kunci : Komunikasi internal, kepuasan kerja, kinerja karyawan

This study aims at obtaining the explanative findings which are tested by the contribution of (1) internal communications and job satisfaction of the employee performance, (2) internal communications of the job satisfaction, (3) internal communications of the employee performance, and (4) job satisfaction of the employee’s performance at Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran. Design of the research that use to this study is research designing causal quantitative. The subject of this study were all of the employees in Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran, and the objects were the internal communications, job satisfaction, employee’s performance. Total population of this research are 80 employees who all combine became observation unit, therefore this research including population research. Data were collected by using a questionnaire, recording documents, and interviews and analyzed using path analysis. The results showed a positive effect of (1) internal communications and job satisfaction of the employee performance, (2) internal communications of the job satisfaction, (3) internal communications of the employee performance, and (4) job satisfaction of the employee’s performance at Hotel Matahari Beach Resort and Spa Pemuteran
keyword : Internal communications, job satisfaction, employee’s performance

Published

2021-07-28

How to Cite

., P. M. K. H., ., D. M. S., & ., D. W. B. M. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL MATAHARI BEACH RESORT AND SPA PEMUTERAN . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/9661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>