Analisis Ketidaktercapaian Standar Kinerja Karyawan pada UD. Artha Makmur (Sebuah Kajian dari Persepektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Penulis

  • Ida Bagus Aldi Krisna Angganata Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagia Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yulianthini Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Standar Kinerja, Pelatihan, Seleksi, Kompensasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) memperoleh temuan deskriptif mengenai ketidaktercapaian standar kinerja karyawan padaUD. Artha Makmur, (2) dampak yang ditimbulkan dari ketidaktercapaian standar kinerja karyawan pada UD. Artha Makmur, dan (3) upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi ketidaktercapaian standar kinerja karyawan pada UD. Artha Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penyebab ketidaktercapaian standar kinerja karyawan pada bagian produksi di UD. Artha Makmur dilihat dari aspek internal perusahaan antara lain dari pihak perusahaan dan karyawan yaitu dari pihak perusaan yang tidak pernah melakukan pelatihan kepada karyawan. Sedangkan penyebab dari aspek karyawan berkaitan dengan minimnya pengetahuan dan kemampuan karyawan serta penyebab dari aspek eksternal perusahaan yaitu penyebab dari lingkungan perusahaan, (2) dampak yang ditimbulkan dari ketidaktercapaian standar kinerja terbagi menjadi dua bagian yaitu dampak bagi pihak internal perusahaan dan dampak bagi eksternal perusahaan, (3) Upaya yang harus dilakukan oleh UD. Artha Makmur untuk mengatasi ketidaktercapaian kinerja yaitu memberikan pelatihan kepada karyawan.

 

 

Referensi

Arep. 2008. Organisasi dan Manajemen. Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Blumberg. 2009. Standar Kinerja Karyawan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Davis. 2006. Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketujuh, Alih Bahasa Agus Darma, Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia.Cetakan Kelima. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Bumi

Istijanto. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Bandung: : Pustaka Setia Bandung.

Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Revika Aditama.

Mangkunegara. 2007. Kinerja Karyawan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mangkuprawira. 2007. Pentingnya Kualitas Hasil Produksi Terhadap laju Perusahaan. Widyaiswara Madya Pusdiklatwas BPKP

Prawirosentono, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pentingnya Kinerja Karyawan Terhadap Perusahaan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Schuler. 2011. Teori Kinerja Karyawan. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Stolovitch. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Wirawan. 2009. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Diterbitkan

2020-07-30

Cara Mengutip

Angganata, I. B. A. K., Bagia, I. W., & Yulianthini, N. N. (2020). Analisis Ketidaktercapaian Standar Kinerja Karyawan pada UD. Artha Makmur (Sebuah Kajian dari Persepektif Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Indonesia, 8(2), 82–92. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38418

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>