Pengaruh Kebijakan Kompensasi dan Komunikasi Internal Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Hotel Aditya Lovina

Penulis

  • Pande Bagus Suyasa .
  • Fridayana Yudiaatmaja,M.Sc .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) kebijakan kompensasi dan komunikasi internal terhadap kepuasan kerja karyawan, (2)kebijakan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan, dan (3) komunikasi internal terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah Hotel Aditya Lovina, dan objeknya adalah kebijakan kompensasi, komunikasi internal, dan kepuasan kerja karyawan. Jenis data adalah data primer. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif signifikan dari kebijakan kompensasi dan komunikasi internal terhadap kepuasan kerja karyawan dengan sumbangan pengaruh 86,9% (2) ada pengaruh positif signifikan dari kebijakan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan dengan sumbangan pengaruh 29,6%, dan (3) ada pengaruh positif signifikan dari komunikasi internal terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Aditya Lovina dengan sumbangan pengaruh 19,9%.
Kata Kunci : kebijakan kompensasi, komunikasi internal, kepuasan kerja karyawan

This study aimed to determine the effect of (1) compensation policy and internal communications to employee satisfaction, (2) compensation policy to employee job satisfaction, and (3) internal communications to employee satisfaction. This study used a quantitative causal design. The subjects was Hotel Aditya Lovina, and the objects were the compensation policy, internal communications, and employee satisfaction. The type of data is primary data. The data collected by questionnaires and documentation technique, and it’s analyzed using multiple linear regression. The results showed that (1) there is positive significant influences on the compensation policy and internal communications to employee satisfaction by 86,9% contribution effect (2) there is a positive significant influences on the compensation policy to employee satisfaction by 29,6% contribution effect, and ( 3) there is a positive significant effect on the internal communications to employee satisfaction at Hotel Aditya Lovina with 19,9%. contribution effect.
keyword : compensation policy, internal communications, employee satisfaction

Diterbitkan

2016-03-07

Cara Mengutip

., P. B. S., ., F. Y., & ., N. N. Y. S. (2016). Pengaruh Kebijakan Kompensasi dan Komunikasi Internal Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Hotel Aditya Lovina. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6758

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>