Pengaruh Metode Peta Konsep Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Menulis Cerpen dan Kreativitas Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.81453Keywords:
discovery learning, media audiovisual, keterampilan menulis, minat belajarAbstract
Keterampilan menulis adalah keterampilan yang sulit. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukan rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode peta konsep berbantuan multimedia terhadap keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 242 siswa dan tersebar di 7 kelas. Dari populasi tersebut, dipilih 3 kelas sebagai sampel dimana kelas XC diberikan perlakuan metode peta konsep berbantuan multimedia, kelas XD diberikan perlakuan metode peta konsep dan kelas XE diberikan perlakuan metode konvensional. Masing-masing kelas sampel terdiri dari 34 siswa sehingga jumlah total sampel adalah 102 siswa. Data keterampilan menulis cerpen dan kreativitas dikumpulkan dengan tes uraian. Analisis data menggunakan uji statistik Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional baik secara simultan maupun parsial. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep berbantuan multimedia berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa secara simultan dan parsial.
References
Ahman, Mujiyanto, J., Bharati, Dwi Anggani Linggarnggeraini, Y., & Faridi, A. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 386–389. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/313/342.
Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Konsep Biologi dan kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 19–2. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466.
Alawamleh, M., Al-Twait, L. M., & Al-Saht, G. R. (2022). The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic. Asian Education and Development Studies, 11(2), 380–400. https://doi.org/10.1108/AEDS-06-2020-0131.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625.
Dessy Wiranti, N. P., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506.
Elshami, W., Taha, M. H., Abuzaid, M., Saravanan, C., Al Kawas, S., & Abdalla, M. E. (2021). Satisfaction with online learning in the new normal: perspective of students and faculty at medical and health sciences colleges. Medical Education Online, 26(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2021.1920090.
Fathoni, A., Surjono, H. D., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Peran Multimedia Interaktif Bagi Keberhasilan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.33931.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Hava, K. (2019). Exploring the role of digital storytelling in student motivation and satisfaction in EFL education. Computer Assisted Language Learning, 34(7), 958–978. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1650071.
Hayati, N. (2021). Implikasi Aspek Keterampilan Berbahasa Indonesia Terhadap Linguistik Sinkronis Pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.
Juhji, J. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 7(1), 33–39. https://doi.org/10.30998/Formatif.V7i1.1200.
Khan, F., & Vuopala, E. (2019). Digital competence assessment across generations: A Finnish sample using the digcomp framework. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence (IJDLDC), 10(2), 15–28. https://www.igi-global.com/article/digital-competence-assessment-across-generations/236671.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.
Makrifah, D., Sudarti, S., & Subiki, S. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Peta Konsep di MAN 2 Jember (Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 319–325. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i3.5330.
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194–204. https://scholar.archive.org/work/ntjcydrgqrc7vhytdr5n7es3ha/access/wayback/http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/10015/pdf.
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276.
Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & Ilham S, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711.
Negoro, R. A., Hidayah, H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 45. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51.
Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 137–145. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.364.
Nuraeni, S., Maesaroh, A., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Anak Usia Dini Di Tk Baiturrahman Kabupaten Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172.
Pandini, I. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 MODEL PALU. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(4), 83. https://core.ac.uk/download/pdf/289713981.pdf.
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.
Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105.
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307.
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21. https://core.ac.uk/download/pdf/289713947.pdf.
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.
Sastrapratedja, M. (2012). Hermeneutika dan Etika Naratif Menurut Paul Ricoeur. Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 2(2), 247–264. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v2i2.32.
Sembiring, R. J. B. (2021). Pemanfaatan Variasi Teknologi Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 368–384. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.2.368-384.
Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771.
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437.
Sudrajat, Y., Sulistyono, S., & Hindriana, A. F. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Edubiologica: Pendidikan Biologi, 6(2), 128. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i2.2376.
Susanto, A., Malik, A., & Mitrayati. (2020). The challenges of learning English as a foreign language among undergraduate students. Inovish Journal, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.35314/inovish.v5i1.1341.
Susmita, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Foto Berita terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 46–57. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i2.167.
Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Kualitas Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943.
Tanata, W., Safruddin, S., & Musaddat, S. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas V SDN 16 Cakranegara. Primary Education Journal, 2(2), 128–129. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.399.
Taufan, M. Y. (2022). Professional Development of Teachers, Competencies, Educational Facilities and Infrastructure on Teacher Performance and Learning Achievement of High School Students in Makassar City. Golden Ratio of Social Science and Education, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.52970/grsse.v2i1.168.
Wepe, S., Suratno, S., & Wahono, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(2), 13. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3523.
Yıldırım, S. (2016). Infographics for educational purposes: Their structure, properties and reader approaches. Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(3), 98–110. https://eric.ed.gov/?id=EJ1106376.
Yulianti, S., Nuraeni, S., & Parmawati, A. (2019). Improving Students’ Writing Skill Using Brainswriting Strategy. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(5), 714. https://doi.org/10.22460/project.v2i5.p714-721.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/KOMPUTA.V6I2.2476.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)