Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa

Authors

  • Kadek Cindy Anggastya Pradnya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62536

Keywords:

Menulis Narasi, Picture And Picture

Abstract

Siswa di sekolah dasar masih kesulitan dalam menulis salah satunya menulis karangan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi terutama dalam menyusun kalimat, penggunaan tanda baca dan pemilihan kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Jenis penelitain ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 82 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode tes keterampilan menulis narasi dengan menggunakan rubrik penilaian. Data posttest dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan rumus polled varians. Dari hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh hipotesis nol ( ) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Penerapan model pembelajaran picture and picture dengan media gambar seri secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di sekolah dasar. Implikasinya adalah adanya dukungan untuk mengintegrasikan metode ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia, memberikan variasi dan motivasi tambahan bagi siswa, serta memberi kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran menulis.

Published

2024-01-31

How to Cite

Pradnya, K. C. A. ., & Suniasih, N. W. . (2024). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62536

Issue

Section

Articles