Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62536Keywords:
Menulis Narasi, Picture And PictureAbstract
Siswa di sekolah dasar masih kesulitan dalam menulis salah satunya menulis karangan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi terutama dalam menyusun kalimat, penggunaan tanda baca dan pemilihan kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Jenis penelitain ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 82 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode tes keterampilan menulis narasi dengan menggunakan rubrik penilaian. Data posttest dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan rumus polled varians. Dari hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh hipotesis nol ( ) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran picture and picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Penerapan model pembelajaran picture and picture dengan media gambar seri secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di sekolah dasar. Implikasinya adalah adanya dukungan untuk mengintegrasikan metode ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia, memberikan variasi dan motivasi tambahan bagi siswa, serta memberi kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran menulis.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Cindy Anggastya Pradnya, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)