Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62536Keywords:
Menulis Narasi, Picture And PictureAbstract
Siswa di sekolah dasar masih kesulitan dalam menulis salah satunya menulis karangan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi terutama dalam menyusun kalimat, penggunaan tanda baca dan pemilihan kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Jenis penelitain ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 82 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode tes keterampilan menulis narasi dengan menggunakan rubrik penilaian. Data posttest dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan rumus polled varians. Dari hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh hipotesis nol ( ) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sebagai pendukung GLS SD. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dengan media gambar seri secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di sekolah dasar. Implikasinya adalah adanya dukungan untuk mengintegrasikan metode ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia, memberikan variasi dan motivasi tambahan bagi siswa, serta memberi kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran menulis.
References
Aldrina, I., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 29. https://doi.org/10.24036/108987-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108987-019883
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Arini, A. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Sdn 104250 Perk. Ramunia. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 3(2), 52. https://doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5622. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5622
Burhan, B., Zulfadli Hamdi, & Biaq Ida Wirasasih. (2021). Pengaruh Metode Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 90–95. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.853. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.853
Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050
Christianti, M. (2013). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Diplan, D., & Astuti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas IV-B SDN 5 Panarung Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i1.493. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v4i1.493
Fitri, J., & Atmazaki, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 11 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 103. https://doi.org/10.24036/108270-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108270-019883
Haslinda, H., Latief, S., & Rubianto, R. (2022). Pengaruh Penguasaan Kosakata Berbantuan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Upt Spf Sd Rappokalling 67/1. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 167. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11085. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11085
Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9(03), 385. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.953. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.953
Ikasari, I., Suhartono, S., & Ngatman, N. (2020). Penerapan Model Think Talk Write dengan Media Gambar Seri dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Seliling Tahun Ajaran 2017/2018. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v7i1.40711. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v7i1.40711
Intan, N., & R., S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 143. https://doi.org/10.24036/108275-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108275-019883
Jumasa, M. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di MTsN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Lesmana, Y., Marni, S., & Fujita Yusandra, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 105–113. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.171. DOI: https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.171
Mahyuddin, R., & Desyandri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Gambar Animasi Di Kelas IV SD. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 1(1), 12–28. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.100036. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.100036
Muharipin, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iii Semester 2 Sdn 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2015/2016. Mabasan, 11(1), 45–62. https://doi.org/10.26499/mab.v11i1.64. DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v11i1.64
Mukhara, A., Rahayu Fitri, & Armet. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuantan Mudik Riau. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(3), 491–501. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i3.347. DOI: https://doi.org/10.58218/alinea.v2i3.347
Mulyani, R., & R., S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 374. https://doi.org/10.24036/108222-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108222-019883
Ni Pt Risma, H., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Pertiwi, S. (2020). Pengaruh Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD 02 Pagi Cipayung. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.196. DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.196
Rahayu, N. K. S., Musaddat, S., Setiawan, H., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1065. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1065
Rahman, A., Sudiana, N., & Lasmawan, W. (2017). Pengaruh Implementasi Model Kooperatif Tipe Rally Coach Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Dengan Pengendalian Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas V Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2679. DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2679
Ramli, C., Syamsuri, A. S., & Arief, T. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mid (Meaningful Instructional Design) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Galangan Kapal 2. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 98. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8541. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8541
Riyanti, F. D. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Di Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 03 Salatiga. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(1), 128–140. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6410. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6410
Sari, I. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Permainan Tebak Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 749–757. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2771. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2771
Sasiningrum, M., Arafik, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Narasi di Kelas IV SD Negeri 4 Ngroto. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1350–1353. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2563. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2563
Shofa, S., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290
Siahaan, F. E. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Picture And Picture Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV-B Sd 060890 Kecamatan Medan Polonia. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(4), 377. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16388. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16388
Sitorus, C. Y. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Picture and Picture ‘Gambar Dan Gambar’ Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X Sma Anugerah Harapan Bangsa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 81. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5379. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5379
Trisnawati, N. N. L., Suarni, N. K., & Agung, A. A. G. (2014). Penerapan Metode Picture and Picture Dengan Media Cerita Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3149.
Ulfa, N., Arifin, Z., & Wijayanti, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 267–275. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19155. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19155
Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534
Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108264-019883
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Cindy Anggastya Pradnya, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)