E-Book Berbasis Kontekstual Pada Muatan IPAS Topik Gaya di Sekitar Kita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Sayyidati Safira Salma Salsabila Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.82060

Keywords:

E-Book, Kontekstual, IPAS, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya variasi bahan ajar dalam pembelajaran IPAS menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book berbasis kontekstual pada materi IPAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book berbasis kontekstual pada materi IPAS dinyatakan layak dan efektif. Uji efektivitas menunjukkan hasil t-hitung sebesar 3,491, dengan df = 29 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,699, sehingga t-hitung = 3,491 > t-tabel = 1,699. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan siswa setelah menggunakan E-Book mencapai 83,5, lebih tinggi dari nilai KTTP yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Book berbasis kontekstual ini efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS, khususnya pada materi gaya di sekitar kita untuk siswa kelas IV sekolah dasar.

Published

2024-12-28

How to Cite

Salsabila, S. S. S. ., & Suniasih, N. W. . (2024). E-Book Berbasis Kontekstual Pada Muatan IPAS Topik Gaya di Sekitar Kita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.82060