E-Book Berbasis Kontekstual Pada Muatan IPAS Topik Gaya di Sekitar Kita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.82060Keywords:
E-Book, Kontekstual, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya variasi bahan ajar dalam pembelajaran IPAS menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book berbasis kontekstual pada materi IPAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book berbasis kontekstual pada materi IPAS dinyatakan layak dan efektif. Uji efektivitas menunjukkan hasil t-hitung sebesar 3,491, dengan df = 29 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,699, sehingga t-hitung = 3,491 > t-tabel = 1,699. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan siswa setelah menggunakan E-Book mencapai 83,5, lebih tinggi dari nilai KTTP yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Book berbasis kontekstual ini efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS, khususnya pada materi gaya di sekitar kita untuk siswa kelas IV sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sayyidati Safira Salma Salsabila, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)