Multimedia Interaktif Berbasis Proyek pada Muatan IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79612Keywords:
Pengembangan, Media, Pemahaman Konsep SainsAbstract
Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar yakni guru dalam proses pembelajaran masih memanfaatkan buku cetak yang disediakan di sekolah dan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi pada beberapa mata pelajaran, salah satunya yakni mata pelajaran IPAS. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas Multimedia Interaktif pada Muatan Pelajaran IPAS. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 9 orang siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner dan metode tes. Instrumen pengumpulan data yakni lembar kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Multimedia Interaktif layak digunakan ditinjau dari aspek media maupun materi dengan kualifikasi keseluruhan sangat layak. Hasil uji t menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun implikasi penelitin ini yaitu media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan siswa dan sarana berkomunikasi, khususnya dalam konteks pembelajaran modern.
References
Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.
Akhmadi, M. N., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2022). Pengembangan Modul Digital Ips Materi Menghargai Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 374–384. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2752.
Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.
Andriani, W., Witarsa, R., & Nurmalina, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Langgini. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1355–1367.
https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/article/view/99.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Cahyawati, E. N., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis android pada aplikasi i-spring untuk siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 536–545. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/643.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247.
Dwiastuti, N., Suhardini, A. D., & Aziz, H. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 174–180. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/4262.
Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319.
Hartawan, I. N. B., Dirgayusari, A. M., Ni Wayan Suardiati Putri, & Lopez, F. T. M. D. (2024). Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 262–271.
https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.
Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model Project Based Learnıng (PJBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76–83.
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/3944.
Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://core.ac.uk/download/pdf/524925390.pdf.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Khasanah, S. U. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281–287. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/666.
Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134–143. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3492.
Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121–126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139.
Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726.
Nugroho, W., Rilianti, A. P., & Wijanarko, T. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(01). https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/7.
Oktafiani, D. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Perawati, P., Sukendro, S., & Sulistyo, U. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 42–61. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425
Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63.
https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/218.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79.
https://core.ac.uk/download/pdf/287322920.pdf.
Sari, P. K., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn Tambakrejo Magetan. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 153–161. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.175.
Swara, G. Y. (2021). Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif Dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.21063/jtif.2020.v8.1.19-24.
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9.
Triana, P., Widowati, H., & Achyani, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 163–169. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/4442.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Rai Sri Mertaningsih, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)