Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Pada Muatan IPAS Materi Harmoni Dalam Ekosistem Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79612Keywords:
Pengembangan, Media, Pemahaman Konsep SainsAbstract
Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar yakni guru dalam proses pembelajaran masih memanfaatkan buku cetak yang disediakan di sekolah dan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi pada beberapa mata pelajaran, salah satunya yakni mata pelajaran IPAS. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas Multimedia Interaktif Pada Muatan Pelajaran IPAS. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 9 orang siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner dan metode tes. Instrumen pengumpulan data yakni lembar kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Multimedia Interaktif layak digunakan ditinjau dari aspek media maupun materi dengan kualifikasi keseluruhan sangat layak. Hasil uji t menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun implikasi penelitin ini yaitu media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan siswa dan sarana berkomunikasi, khususnya dalam konteks pembelajaran modern.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Rai Sri Mertaningsih, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)