Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Auditory, Intellectualy, Repetition pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Putri Widnyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Putu Agetania Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.80591

Keywords:

Video Pembelajaran , AIR, ADDIE

Abstract

Keterbatasan guru dalam menjelaskan materi kekayaan budaya Indonesia menyebabkan siswa sulit memahami materi pembelajaran secara optimal. Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran. Melihat hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video pembelajaran Interaktif berbasis AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yakni daftar pertanyaan, lembar angket atau kuesioner, soal tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yakni kuantitatif, kualitatif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji review dan respon siswa, media mendapatkan kualifikasi sagat baik dan uji hipotesis menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis AIR efektif diterapkan pada pembelajaran muatan IPAS materi kekayaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini yakni mampu memotivasi guru dalam memanfaatkan fasilitas teknologi dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.

References

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf

Amalia, S., & Silalahi, B. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Tema Indahnya Kebersamaan Menggunakan Model. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(1), 1369–1376. https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/402.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462.

Cahyono, B. Y., Mukminatien, N., & Amrina, R. (2016). Indonesian Students Writing Proficiency in Using Complex Sentence. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), 4(9), 22–32. https://www.researchgate.net/profile/Bambang-Cahyono-3/publication/311707316.

Cholilah, M., Gratia, A., Tatuwo, P., Rosdiana, S. P., Noor, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02.

Dewi, S., Nulhakim, L., & Hendracipta, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi IPA Kelas IV. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6185.

Gebre, E. (2018). Learning with multiple representations: Infographics as cognitive tools for authentic learning in science literacy. Canadian Journal of Learning and Technology, 44(1), 1–24. https://doi.org/10.21432/cjlt27572.

Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.

Hidayati, A. N., Ambarita, A., & Yulianti, D. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran AIR Berorientasi Pada Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Inomatika, 3(2), 86–101. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.256.

Ibrahem, U. M., & Alamro, A. R. (2020). Effects of Infographics on Developing Computer Knowledge, Skills and Achievement Motivation among Hail University Students. International Journal of Instruction, 14(1), 907–926. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14154A.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Kolesnikov, A., Zhai, X., & Beyer, L. (2019). Revisiting self-supervised visual representation learning. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 2019-June, 1920–1929. https://doi.org/10.1109/CVPR.2019.00202.

Martha, N. U., & Andini, N. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5, 185–197. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/46354.

Morrar, R., Arman, H., & Mousa, S. (2017). The fourth industrial revolution (Industry 4.0): A social innovation perspective. Technology Innovation Management Review, 7(11), 12–20. https://timreview.ca/sites/default/files/Issue_PDF/TIMReview_November2017.pdf#page=12.

Muspiroh, N. (2023). Efektivitas Model Auditory Intellectually And Repetition Berbantuan Aplikasi Plotagon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Dialektika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 13(2), 10246–10260. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/1717.

Novayanti, S. (2022). Penerapan Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Berbasis Media Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Sma Negeri Kabupaten Bireuen. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(4). https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/1717.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf.

Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Riyayani, L. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Pemahaman Ide Pokok Dalam Teks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually and Repetition (AIR). Journal on Education, 3(01), 149–161. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/355.

Saharuddin, S., Babo, R., & Basri, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Berbantuan Media Interaktif dalam Pembelajaran Online Tehadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas IV. Gema Wiralodra, 13(2), 439–454. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.286.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970.

Sugiati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Air Berbantuan Edpuzzle Smp Negeri 3 Banguntapan. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(2), 111–120. https://www.jurnalp4i.com/index.php/science/article/view/2321.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.

Vargo, J., Nesbit, J. C., Belfer, K., & Archambault, A. (2003). Learning object evaluation: Computer mediated collaboration and inter-rater reliability. International Journal of Computers and Applications, 25(3), 1–8. https://doi.org/10.1080/1206212X.2003.11441703.

Vieira, E. A. O., Silveira, A. C. D., & Martins, R. X. (2019). Heuristic evaluation on usability of educational games: A systematic review. Informatics in Education, 18(2), 427–442. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.20.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959.

Yusuf, H. O. (2022). Impact Of Teachers Use Of Folktales On The Performance Of Pupils In Reading Comprehension. European Journal of Education Studies, 4, 107–120. https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.353.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Widnyani, N. K. P. ., Suniasih, N. W. ., & Agetania , N. L. P. . (2024). Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Auditory, Intellectualy, Repetition pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 260–269. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.80591

Issue

Section

Articles