Discovery Learning Berbantuan Online LKPD terhadap Keterampilan Menyimak Bacaan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.79905Keywords:
Discovery Learning, Online LKPD, Keterampilan Menyimak Bacaan, Prestasi BelajarAbstract
Penguasaan literasi memiliki peranan krusial dalam memperkuat kompetensi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Ketika generasi muda memiliki kemahiran literasi yang kuat, ini akan membantu mereka dalam meraih kesuksesan hidup, karena kemampuan tersebut akan saling mendukung. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda saat ini untuk memiliki keterampilan dalam berbahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan keterampilan menyimak bacaan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu eksperimen 1 menggunakan model Discovery Learning Berbantuan Online LKPD, eksperimen 2 menggunakan model Discovery Learning, dan kelompok kontrol menggunakan model Direct Instruction. Data keterampilan menyimak dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak bacaan. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar bahasa Inggris. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Mancova yang dilanjutkan dengan uji least significant deference (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak bacaan dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Online LKPD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction.
References
Afrianti, I., & Nur Wahyuni. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan “Leksikon Dalam Bahasa Mbojo” Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 455–461. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.286.
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 608–617. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.
Aini, M. R., & Nohantiya, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Bagi Siswa Desa Jatinom. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2455.
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770.
Akhmadi, A. (2016). pendekatan konseling islam dalam mengatasi Problema Psikologis Masyarakat. Jurnal Diklat Keagamaan, 10(4), 375–385. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/4875.
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342.
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159.
Astutik, H. S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Penguasaan Sk, Motivasi, dan Minat Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722.
Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102.
Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626.
Fathani, A. H. (2016). Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. https://jurnal.usk.ac.id/peluang/article/view/1296.
Firdaus, M. F., Wahyudin, & Herman, T. (2017). Improving primary students mathematical literacy through problem based learning and direct instruction. Educational Research and Reviews, 12(4), 212–219. https://doi.org/10.5897/err2016.3072.
Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522.
Fransiskus, A., Eduk, E. J., & Buku, M. N. I. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMP Negeri 5 Kota Kupang. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 01(01), 7–12. https://www.journal.unwira.ac.id/index.php/JBIOEDRA/article/view/2159.
Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685. .
Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.
Gunantar, D. A. (2017). Textbooks analysis: Analyzing English as a Foreign Language (EFL) textbooks from the perspective of Indonesian culture. Journal of Language and Literature, 11(2), 173–182. https://repository.usm.ac.id/files/journalnas/z171/20180920070237-analisis-buku-teks-:-menganalisis-bahasa-inggris-sebagai-buku-teks-bahasa-asing-dari-perspektif-budaya-indonesia.pdf.
Hamidah, N., Widyastuti, R., & Netriwati. (2020). Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 63–73. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/247.
Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181, September, 181–192. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/367.
Hayati, N. (2021). Implikasi Aspek Keterampilan Berbahasa Indonesia Terhadap Linguistik Sinkronis Pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407.
Hendrizal, & Chandra. (2018). Preliminary Research Description In Developing Tematics Learning Materials by Using Character Building and Discovery Learning to Establish Children aged 6-9 Years. International Conference of Early Childhood Education, 169, 95–101. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.23.
Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131
Jalali, S., & Dousti, M. (2012). Vocabulary and Grammar Gain through Computer Educational Games. GEMA Online Journal of Language Studies, 12(4), 1077–1088. https://www.researchgate.net/profile/Masoumeh-Dousti/publication/287271971_Vocabulary_and_grammar_gain_through_computer_educational_games/links/56f18c6308aee9c94cfd6dc6/Vocabulary-and-grammar-gain-through-computer-educational-games.pdf.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561.
Jawas, U. (2019). Writing anxiety among Indonesian EFL students: Factors and strategies. International Journal of Instruction, 12(4), 733–746. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12447a.
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan soal statistika model PISA untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.
Khoiriyah, B. K., & Murni, M. (2021). Peran Teori “Discovery Learning” Jerome Bruner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20.
Kusminah. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Journal of Educational Research, 38(5), 321–325. https://doi.org/10.1080/00220671.1945.10881349.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. ,. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Lizawati, L., & Uli, I. (2018). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911.
Lutfi Novitasari, A. (2019). Aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Indonesia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 3(2), 23–29. https://doi.org/10.36040/jati.v3i2.850.
Maamuujav, U., Krishnan, J., & Collins, P. (2019). The utility of infographics in L2 writing classes: A practical strategy to scaffold writing development. TESOL Journal, September. https://doi.org/10.1002/tesj.484.
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904.
Marchetti, L., & Cullen, P. (2015). A Multimodal Approach in the Classroom for Creative Learning and Teaching. Psychological and Creative Approaches to Language Teaching, 39–51. https://doi.org/10.1016/j.bbalip.2011.04.004.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/697.
Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046.
Mawarni Purnamasari, & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990.
Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82.
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574.
Nirmala, W., & Darmawati, S. (2021). The effectiveness of discovery-based virtual laboratory learning to improve student science process skills. Journal of Education Technology, 5(1), 103–112. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33368.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173.
Pujiastuti, A. U., Mizan, S., & Agustin, I. (2018). Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III, 3(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpk/article/view/5743.
Pujiatna, T., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Simak Berorientas Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Menyimak. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 91. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2804.
Purnama Sari, B., & Dwi, D. F. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(2), 10–21. https://doi.org/10.51178/ce.v3i2.783.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 91–106. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.
Rahimah, W., Zaini, M., & Halang, B. (2020). Work Sheet Development of High School Students Biology Based on Critical Thinking Skills on the Motion Systems Concept. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 100. https://doi.org/10.20527/bino.v2i2.8474.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757.
Ratnaningsih, A. S., & Jatibaru, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paire Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Semester Ganjil Sdn Jatibaru Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education, 4(6), 943–950. https//www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/Index.Php/Collase/Article/View/9657.
Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. (2021). Mengoptimalkan Penilaian Dengan Liveworksheet Pada Flipped Classroom Di Sd. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 568–578. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749.
Rizkika, M., Dwi, P., & Ahmad, N. (2022). Development of E-LKPD Based on STEM on Substance Pressure Materials to Improve Critical Thinking Skills for Junior High School Student. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.4905/psej.v7i1.142.
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.
Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987.
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1). https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865.
Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943.
Setiaji, D. W. S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11868
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving students’ mathematical problem solving ability and self-efficacy through guided discovery learning in local culture context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72.
https://doi.org/10.12973/iejme/3966.
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah, 1(1), 111–124. https://jurnal.staini.ac.id/index.php/riyadhah/article/view/14.
Sirait, M. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Discovery- Inkuiri dan Kontribusinya Terhadap Penguatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 155. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i2.320.
Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effects of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and self-confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3). https://doi.org/10.26803/ijlter.19.3.12.
Siregar, R. A. (2023). Development of E-LKPD Based on A Scientific Approach for Students of MAN 2 Model Medan. Indonesian Journal of Advanced Research, 2(4), 237–252. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/ijar.v2i4.3768
Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2019). Validity and reliability of questionnaire problematics leadership beginner school principals. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), 250–254. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.51.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844. .
Torres-Gastelú, C. A., & Kiss, G. (2016). Perceptions of students towards ICT competencies at the University. Informatics in Education, 15(2), 319–338. https://doi.org/10.15388/infedu.2016.16.
Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45.
Umardiyah, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Konsrtuktivisme Menggunakan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geometri Bangun Ruang di SDN Karangmojo II. Eduscope, 05(02), 85–90. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i2.824.
Ummu, R., Damanik, F., & Saragih, S. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dan Discovery Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1332–1344. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2350.
Vargo, J., Nesbit, J. C., Belfer, K., & Archambault, A. (2003). Learning object evaluation: Computer mediated collaboration and inter-rater reliability. International Journal of Computers and Applications, 25(3), 1–8. https://doi.org/10.1080/1206212X.2003.11441703.
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3053.
Wibowo, W. S., Wasana, M. A., & Muhammad, F. N. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skills Peserta didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Berbantuan E-LKPD pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.21831/jipi.v8i1.45860.
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176.
Wulandari, D. G. R., & Mustadi, A. (2019). Comparison of Discovery and Inquiry Model: Which Model is More Effective in Natural Science (IPA) Learning? International Journal of Educational Research Review, 4(Special Issue), 711–718. https://doi.org/10.24331/ijere.628710.
Young, T., Hazarika, D., Poria, S., & Cambria, E. (2018). Recent trends in deep learning based natural language processing. Ieee Computational IntelligenCe Magazine, 13(3), 55–75. https://doi.org/10.1109/MCI.2018.2840738.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)