Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Agus Saputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Eka Filahanasari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengunaan media pembelajaran yang digunakan guru TK saat pembelajaran membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu guru juga dominan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengembangkan media video untuk pengenalan karir di taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan utama, dam revisi produk. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi , wawancara, dan studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian pengembangan video pengenalan karir terdiri analisis data kualitatif dan data persentase. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil uji validitas, ahli materi pembelajaran, dan ahli validasi calon pengguna dinyatakan bahwa media video pengenalan karir TK dikategorikan sangat baik, dan tidak perlu direvisi. Media video pengenalan karir telah memenuhi kriteria aspek kelayakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media video pengenalan karir dapat diterapkan untuk proses pembelajaran.

References

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Pancaran Pendidikan, 4(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1310

Apriansyah, Sambowo, & Maulana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil

Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Dista. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak- Kanak Pembina Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1). Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/55

Hidayah, & Aulia. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803

Kartadinata, S., & Dkk. (1999). Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII DI SMPN 4 Padalarang. Jurnal Geografi, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395

Mahadewi, D. (2012). Buku Ajar: Media Video Pembelajaran (E-Book). Singaraja: Undiksha.

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062

Meilinda. (2020). Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei Di Desa Adat Serangan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25654.

Naharir, Dantes, & Kusmariyatni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 15–21. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/16975/10172. 15-21

Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103

Nursalim, M., & Darminto, E. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press.

Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Puspita, N. M., Asri, I. A. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22221

Ruff, M. (2001). Careers Education” dalam Carerrs Education in Context. Bill Gothardo dkk (Ed). London: SAGE Publications.

Sahimin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i2.894

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928

Sudarma, I.K., D. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: raja grafindo persada.

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19492/11545.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmub, 24(2), 158–166. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21262/13262

Walujo, A. ., & Listyowati, A. (2017). Kompendium PAUD Memahami PAUD Secara Singkat. Depok: Prenadamedia Group.

Widyaningrum, H. K. (2015). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v5i02.284

Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198

Yuliani, Antara, & Magta. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 5(1), 96–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75.

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Saputra, A., & Filahanasari, E. (2020). Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 499–507. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110

Issue

Section

Articles