Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK

Authors

  • Dermawan Dermawan Universitas Negeri Padang
  • Rizal Fahmi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29123

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis WEB pada mata pelajaran pembuatan busana industry kelas XI SMK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembanagan Four-D dalam mengembangkan E-modul. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Busana. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif statistik kualitatif dan deskriptif statistik kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validitas E-modul berbasis web dinyatakan valid dengan nilai 0,84 > 0,67, Praktikalitas E-modul berbasis web dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 88 dan berdasarkan respon siswa E-modul dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis web dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan efektif meningkatkan aspek pengetahuan siswa dilihat dari hasil tugas pembuatan busana rumah anak yang dihasilkan.

References

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, & Piyana. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Citrawathi, Adnyana, & Santiasa. (2016). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8289

Diantari, Damayanthi, Sugihartini, & Wirawan. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Hafsah, Rohendi, & Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Engineering Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200.

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1), 1–6. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/501942

Irwandani, Latifah, Asyhari, Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2). https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309

Perdana, Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi. (2017). Development of E-Module Combining Science Process Skills And Dynamics Motion Material To Increasing Critical Thinking Skills And Improve Student Learning Motivation Senior High School. International Journal of Science and Applied Science, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Rahmawati, Budiyono, & Wardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) PowerPoint. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i1.14248.

Sadimin, Hardyanto, & Slamet. (2017). Developing An E-Module-Based Classroom Action Research Management Training Model For Teachers High School. International Journal of Education and Research, 5(2), 79–90. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed/article/view/18123

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928

Sihotang. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Class Room Dalam Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Di SMK Swasta Arina Sidikalang). Jurnal Teknologi Dan Ilmu Kesehatan, 1(1). Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/981.

Soni, Hafid, Hayami, Fatma, Wenando, Amien, … Mukhtar. (2018). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom, E-Learning & Blended Learning sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 21. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 264–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Sugihartini, & Laba. (2017). Pengembangan E-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yasa, Chrisyarani, & Mudiono. (2018). E-module Based on Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), 286–289. Retrieved from https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/19973/9312

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Dermawan, D., & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29123

Issue

Section

Articles