Pengembangan Media Exe-Learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Mastiur Verawati Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29293

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam belajar sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media exe-learning pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini termasuk dalam research and deployment. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Teknik Pengambilan data dengan menggunakan angket (kuesioner). Hasil penelitian yaitu penilaian validator ahli pada tahap I  dengan skor rata-rata 2,70 dan pada tahap II  dengan skor rata-rata 3,71 sehingga produk dinyatakan telah memenuhi kriteria kelayakan, sedangkan untuk respon pendidik (Dosen) mendapatkan skor rata-rata 3,71 dengan kriteria sangat menarik dan respon peserta didik (mahasiswa) dengan skor rata-rata 3,66 termasuk dalam kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media exe-learning pada topik kesetimbangan kimia yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Media exe-learning yang dikembangkan untuk pembelajaran kima dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Author Biography

Mastiur Verawati Silalahi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan

References

Aditya, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/5227/pdf

Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azizah, S., Khuzaemah, E., & Rosdiana, I. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam kehidupan sehari-harinya dan juga psikomotor ( keterampilan ) siswa . Proses belajar dapat materi dan bahan belajar yang. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, (2005), 197–213. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957

Bouhi dan Mohamed. (2019). Ontology and Rule-Based Recommender System for E-learning Applications. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(15), 4–13. Retrieved from https://online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/10566/0

Copriady, J. (2014). Penerapan SPBM yang Diintegrasikan dengan Program Exe Learning Terhadap Motivasi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 95–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jp.5.2.95-105

Dick, C. L. and W. (1978). The Systematic Design of Instruction. USA: Scott Foresman and Company.

Fatikhasari, M. (2020). Pengembangan Media Kotak Ajaib Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Madina Fatikhasari Abstrak. Jurnal Bapala, 1(1), 1–6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/download/33226/29792

Febriyanti. (2013). Article Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Globalisasi (Pergeseran Dari Kurikulum Inti Dan Institusional Ke Kurikulum Berbasis Kompetensi). Ta’di Jurnal Pendidikan Islam, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tjie.v18i02.51.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Irawan, H. (2018). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. 7(3), 80–86. https://doi.org/Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon.

Linda, Albeta, Masnaini, & Sulismawati. (2018). The Effect Of Prezy And Exe-Learning Media On Chemical Learning Results. Jurnal Edusains, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7204.

Lisiswanti, Saputra, & Windarti. (2016). Peranan Media Dalam Pembelajaran. 102–105.

Nurhayati. (2013). Pemberdayaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Ramah Lingkungan. Jurnal Saintech, 05(01), 50–57.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. In Jakarta: Kencana.

Putra, P. D. A., & Sudarti. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 45–48. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jfi.24373

Putri, M. N., & Mariana, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penggunaaan Media Magic Box Kelas IV SDN Ujung XIII Surabaya. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24194

Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397

Silalahi, M. V. (2020). Development of E-Modules Based on Exe-Learning on Topics of Reaction Rate Against Student Learning Outcomes Mechanical Engineering. 3(2), 114–120. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i2.2672

Siregar, Wardani, & Hatika. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 743–749. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4823

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 264–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Sukari. (2014). Mengembangkan e-Learning Sekolah. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Edueksos, 6(1), 81–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v6i1.1412

Sutrisno, T., Agung, Y. A., Tri Sutrisno, & Yudha Anggana Agung. (2013). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 1068–1074. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213

Suwardi. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(4), 297–305. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Silalahi, M. V. (2020). Pengembangan Media Exe-Learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 516–524. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29293

Issue

Section

Articles